PUPR membangun sisi landasan, seperti landasan pesawat atau runway, akses tol ke Bandara VVIP, bagian parkir pesawat dan landasan penghubung
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Kementerian PUPR menangani pembangunan sisi landasan Bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Basuki mengatakan untuk pembangunan Bandara VVIP di IKN Nusantara tersebut ditugaskan kepada Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan.

"Kami berbagi tugas di mana Kementerian PUPR membangun sisi landasan, seperti landasan pesawat atau runway, akses jalan tol ke Bandara VVIP, bagian parkir pesawat (apron) dan landasan penghubung (taxiway). Sedangkan Kementerian Perhubungan menangani pembangunan terminal Bandara VVIP," ujar Basuki di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu.

Dia juga mengatakan bahwa untuk seluruh desain Bandara VVIP IKN tersebut, termasuk desain landasannya dibuat oleh Kementerian Perhubungan.

"Semua desain berasal dari Kementerian Perhubungan," katanya.

Baca juga: Dana Infrastruktur IKN tahun 2024 sebesar Rp35,37 triliun

Baca juga: PUPR: Proyek 66 tower Rusun ASN IKN skema KPBU harus selesai pada 2024


Basuki menegaskan lelang proyek pembangunan sisi landasan Bandara VVIP tersebut dilaksanakan pada Oktober 2023.

"(Lelang) Bandara VVIP IKN tersebut dimulai pada Oktober tahun ini," katanya.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara VVIP IKN, Menhub bersama Menteri PUPR ditunjuk oleh Presiden RI Joko Widodo untuk memimpin pembangunan serta pengoperasian Bandara VVIP.

Bandara VVIP IKN akan digunakan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN. Dibangun dengan luas terminal VVIP 2.000 meter persegi (m²) dan terminal VIP 5.000 m² serta runway sepanjang 3.000 x 485 meter. Bandara ini berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan, Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda.

Adapun pendanaan pembangunan dan pengoperasian Bandara VVIP bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sebagaimana diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa desain Bandara VVIP IKN akan menunjukkan ciri khas budaya Kalimantan.

Di samping itu, bandara juga akan berkonsep ramah lingkungan atau green airport serta memperhatikan sisi estetika.

Baca juga: Kementerian PUPR memulai pembangunan 47 menara rusun ASN di IKN

Baca juga: Satgas IKN PUPR: Pembangunan IKN Nusantara mentransformasi BUMN

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023