Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung upaya aktris senior Christine Hakim memberi literasi seputar perfilman pada calon-calon juga sineas lokal dalam program “The Journey of Christine Hakim”.

“Tentunya ini mendorong dan mendukung misi Kemendikbudristek saat ini yang sedang menggalakkan literasi perfilman terhadap sineas lokal. Mudah-mudahan kita bersama terus memajukan industri film di Indonesia,” ujar Kapokja Apresjasi dan Literasi Film, Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek Edy Suwardi, pada jumpa pers “The Journey of Christine Hakim” di Jakarta, Rabu.

Baca juga: "Taksu Ubud", geliat seniman dan budayawan Ubud di masa pandemi

Edy menyebut, upaya Christine tersebut perlu didukung lantaran sejalan dengan misi yang tengah digalakkan pemerintah, yang tak lain bertujuan untuk memajukan industri perfilman Tanah Air.

Aktris senior Christine Hakim memegang buket bunga pada jumpa pers “The Journey of Christine Hakim” di Jakarta, Rabu. (ANTARA/Pamela Sakina)
Melalui program dukungan Kemendikbudristek yang juga sebagai perayaan memperingati 50 tahun aktris tersebut berkarya, Christine dan tim berencana untuk menggelar peluncuran buku, pemutaran film, ekshibisi, hingga tanya jawab dalam diskusi pada beberapa kampus dan komunitas di Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Yogyakarta.

Lebih lanjut, Edy pun mengapresiasi pemenang 10 piala Citra itu atas dedikasinya di dunia film yang telah berkarya selama 50 tahun.

“Karya Christine Hakim ini patut kita apresiasi dan dijadikan motivasi untuk meningkatkan kreasi dan kreatifitas sineas lokal utamanya pra generasi muda,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Christine mengatakan 50 tahun tidak hanya sebagai pencapaian, namun sebagai pengingat diri untuk terus memajukan industri film Tanah Air bersama sineas muda.

“Saya bekerja, fokus, dan yakin bahwa selama saya masih dibutuhkan dan Tuhan masih mengizinkan saya di industri ini, artinya masih ada amanat yang harus saya jalankan, banyak anak muda yang bisa meneruskan,” kata dia.

Ditemui secara terpisah, Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra, menuturkan program "The Journey of Christine Hakim" merupakan program yang sangat penting dalam mengapresiasi perjalanan seorang sines selama masa karirnya.

"Melalui program seperti ini, kita dapat mengetahui bagaimana perjalanan aktor atau aktris Indonesia dalam mengharumkan perfilman Tanah Air dan Kemendikbudristek RI melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media sangat mendukung kegiatan ini," imbuh Mahendra.

Baca juga: Christine Hakim akui nyaman dengan tubuhnya apa adanya

Baca juga: Serial "The Last of Us" akan berlanjut ke musim kedua

Baca juga: Christine Hakim gambarkan besarnya perjuangan ibu di film "Just Mom"

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023