London (ANTARA) - Lebih dari 850 jadwal penerbangan di Amerika Serikat dibatalkan pada Rabu ketika Badai Idalia menerjang kawasan Big Bend di Florida sebagai badai Kategori 3 yang "sangat berbahaya".

Southwest Airlines membatalkan lebih dari 200 penerbangan, sementara Delta Air Lines dan American Airlines masing-masing membatalkan 148 dan 98 penerbangan, pada pukul 08:17 Eastern Time (19.17 WIB), menurut situs pelacakan penerbangan Flightaware.com.

Selain itu, sekitar 795 penerbangan juga ditunda.

Bandara di Tampa, Clearwater dan Tallahassee telah menutup operasinya dan memantau status badai tersebut.

Idalia, yang intensitasnya meningkat di atas perairan hangat Teluk Meksiko, diperkirakan akan melepaskan angin yang merusak dan hujan lebat yang akan menyebabkan banjir di pesisir hingga setinggi 4,88 meter.

Idalia berkembang dari badai tropis menjadi hurricane (sebutan badai di AS) pada Selasa pagi, sehari setelah melewati bagian barat Kuba, di mana badai tersebut merusak rumah-rumah, memadamkan listrik, membanjiri desa-desa dan memicu evakuasi massal.

"Dengan penutupan Bandara Tampa pada Selasa tengah malam, kami membatalkan semua aktivitas di sana setidaknya hingga sore hari ini dan kami menunggu keputusan dari bandara soal kapan akan dibuka lagi untuk layanan komersial," kata Southwest Airlines pada Rabu.

Maskapai tersebut juga menghentikan operasinya pada hari itu di Bandara Internasional Jacksonville.

Sumber: Reuters

Baca juga: Topan Saola mendekat, China ambil langkah darurat
Baca juga: Badai Idalia dekati Florida, AS nyatakan keadaan darurat

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023