Bekasi (ANTARA) -
Tim nasional Indonesia U-17 takluk 0-1 dari Korea Selatan (Korsel) pada pertandingan ujicoba yang dimainkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu malam.
 
Gol semata wayang pada laga ini dibukukan oleh pemain pengganti Korsel Baek Ga-on pada menit ke-66.
 
Korsel lebih mendominasi permainan pada awal babak pertama. Mereka mendapat peluang bagus pertama pada menit ke-11, saat Jin Tae-ho mendapatkan ruang tembak setelah menerima operan dari Kim Hyun-min, untuk diakhiri dengan tembakan yang masih melebar ke sisi kanan gawang Indonesia.
 
Indonesia tidak mau ketinggalan untuk menciptakan peluang. Tendangan bebas Figo Denis diterima oleh Muhammad Aulia, namun sepakan voli Aulia menyamping ke sisi kanan gawang Korsel.
 
Korea kembali menebar ancaman. Pada menit ke-24, umpan silang mendatar dikirimkan Kim ke mulut gawang Indonesia, sebelum kemudian diamankan kiper Ikram Al Giffari.
 
Kedua tim masih kesulitan menciptakan peluang berbahaya sampai fase akhir laga. Dua peluang didapat Indonesia saat Muhammad Kafiatur melepaskan sepakan spekulasi dari luar kotak penalti yang melambung di atas mistar gawang, serta tembakan Aulia sambil memutar badan yang juga belum tepat sasaran.

Baca juga: Erick Thohir minta doa dukungan sepak bola U17
Baca juga: Pelatih timnas Korsel U-17 tidak permasalahkan suhu panas di Indonesia
 
Babak pertama pun ditutup dengan skor imbang 0-0.
 
Indonesia mencoba menggebrak sejak awal babak kedua. Dari satu skema serangan balik, Rifky Afrizal mendapat kesempatan untuk melepaskan tembakan keras kaki kiri yang masih melambung dari gawang Korsel.
 
Namun justru Korsel yang mampu memecah kebuntuan pada menit ke-66. Diawali umpan silang dari sisi kiri, kiper Ikram Al Giffari gagal memotong laju bola. Bola kemudian mendarat di kaki Baek, untuk kemudian ditembakkan masuk ke gawang Indonesia.
 
Korsel mendapat peluang emas untuk menggandakan keunggulan saat mendapat hadiah penalti akibat pelanggaran di kotak terlarang Indonesia. Beruntung bagi Garuda Muda, eksekusi Lee Jae-hwan membentur tiang gawang.
 
Walaupun lebih banyak ditekan, Indonesia masih mencoba mencari gol penyama kedudukan sampai laga usai. Namun setelah peluang Achmad Zidan yang mencuri bola di area pertahanan Korsel dan mengakhirinya dengan sepakan keras ke sisi kiri gawang lawan, tidak ada lagi peluang bagus tercipta bagi kedua tim.
 
Susunan pemain:
 
Indonesia: Ikram Al Giffari, Habil Abdillah Akbar, Muhammad Iqbal Gwijangge, Rizdjar Subagja, Sulthan Zaky, Figo Denis, Ji Da Bin, Givary Widianto, Rizky Afrisal, Muhammad Aulia Rahman, Muhammad Kafiatur
 
Korea Selatan: Hong Seon-min, Kim Yu-geon, Lee Chang-woo, Seo Jeong-hyeok, Cha Jee-hoon, Jin Tae-ho, Kim Hyun-min, Kim myeong-jun, Lee Sang-min, Yoon Do-yong

Baca juga: Bima Sakti: Garuda United U-17 bermain lebih baik dari sebelumnya
Baca juga: Timnas U-17 bawa 28 pemain untuk pelatnas di Jerman

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023