Seoul (ANTARA) - Produksi pabrik Korea Selatan meleset dari ekspektasi pasar pada Juli dan mengalami penurunan terbesar dalam lima bulan, data resmi menunjukkan pada Kamis, sementara penjualan ritel dan investasi fasilitas juga anjlok.

Indeks produksi industri berdasarkan penyesuaian musiman turun 2,0 persen pada Juli dari bulan sebelumnya, dibandingkan dengan penurunan 1,5 persen pada Juni dan penurunan 0,4 persen yang diperkirakan dalam survei Reuters.

Ini merupakan penurunan bulanan tercepat sejak Februari, menurut Statistik Korea.

Produksi komponen elektronik, seperti panel display, mengalami penurunan paling besar, anjlok 11,2 persen, diikuti oleh mesin dan semikonduktor, yang masing-masing merosot 7,1 persen dan 2,3 persen.

Secara tahunan, produksi pabrik 8,0 persen lebih rendah, juga lebih lemah dibandingkan penurunan 5,9 persen pada bulan sebelumnya dan perkiraan ekonom sebesar 5,2 persen.

Penjualan ritel anjlok 3,2 persen dalam sebulan, setelah naik 0,9 persen pada bulan sebelumnya, menandai penurunan terbesar sejak Juli 2020.

Investasi fasilitas juga merosot 8,9 persen pada Juli, jauh lebih cepat dibandingkan penurunan 1,1 persen pada Juni. Itu merupakan yang tercepat sejak Maret 2012.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023