Keinginan masyarakat untuk melakukan perjalanan semakin meningkat, kepercayaan masyarakat untuk bepergian sudah pulih
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) menyatakan saat ini kondisi pariwisata di Tanah Air sudah sangat membaik pascapandemi COVID-19 yang terjadi selama hampir dua tahun pada 2020-2022.

"Keinginan masyarakat untuk melakukan perjalanan semakin meningkat, kepercayaan masyarakat untuk bepergian sudah pulih," kata Ketua Umum Astindo Pauline Suharno di Jakarta, Kamis.

Dengan kian membaiknya kondisi pariwisata, lanjutnya, melalui keterangan tertulis, masyarakat juga semakin memahami biaya perjalanan atau traveling cost tidak bisa sama seperti dulu sebelum pandemi.

Terkait hal itu, pihaknya siap menggelar Astindo Travel Fair, yang ke-15 selama 31 Agustus-3 September 2023 di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta, guna membantu masyarakat yang ingin melakukan perjalanan wisata tapi memiliki anggaran terbatas.

Selain di Jakarta, tambahnya, kegiatan yang sama juga diselenggarakan di dua kota lainnya yaitu di Surabaya, Jawa Timur, dan Denpasar, Bali.

"Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap Pemerintah RI dalam upaya pencapaian target pergerakan wisatawan Nusantara sebesar 1,4 miliar," ujar Pauline yang juga President Federation of ASEAN Travel Associations (FATA).

Menurut dia, sebanyak 21 maskapai penerbangan internasional dan domestik turut berpartisipasi dalam ajang pameran pariwisata ini, selain itu juga badan promosi pariwisata mancanegara, serta para pelaku industri pariwisata lainnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Astindo Travel Fair 2023 Anton Sumarli menyatakan dalam pameran kali ini masyarakat dapat memenuhi kebutuhan terkait wisata mulai perjalanan mulai dari tiket pesawat, akomodasi, tiket atraksi, tur, transportasi, kereta api, cruise, jasa pemandu wisata, pembuatan dokumen perjalanan, visa, paket wifi, paket roaming, dan travel insurance.

Baca juga: Survei: Ada perbedaan cara mencari referensi liburan antargenerasi
Baca juga: Menparekraf: Famtrip bantu operator wisata ASEAN mengenal Indonesia
Baca juga: Ratusan buyers dari 51 negara hadiri Bali and Beyond Travel Fair 2023

Pewarta: Subagyo
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023