Beijing (ANTARA) - Kementerian Sumber Daya Air China pada Rabu (30/8) mengaktifkan tanggap darurat Level IV untuk banjir di enam daerah setingkat provinsi di China selatan.

Tanggap darurat tersebut diaktifkan untuk Fujian, Jiangxi, Hunan, Guangdong, Guangxi, dan Hainan, kata kementerian itu, seraya menambahkan bahwa pihaknya juga mengirim dua kelompok kerja ke Fujian dan Guangdong guna membantu upaya pencegahan banjir.

Topan Saola, yang merupakan topan kesembilan tahun ini, diperkirakan akan membawa hujan deras ke wilayah China selatan yang luas mulai Kamis (31/8) hingga Sabtu (2/9), kata kementerian tersebut. Ketinggian air di beberapa sungai di Cekungan Sungai Mutiara, Cekungan Sungai Yangtze, dan Cekungan Danau Taihu akan meningkat disertai risiko banjir.

Pusat Meteorologi Nasional China mengatakan bahwa topan tersebut kemungkinan akan mendarat di suatu tempat di kawasan pesisir yang berada di area yang membentang dari Guangdong timur hingga Fujian selatan pada Jumat (1/9) siang waktu setempat, atau topan kemungkinan bergerak ke arah barat daya dari pesisir timur Guangdong.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023