Pembangunan pelabuhan di Aceh Selatan tersebut sudah beberapa kali diusulkan...
Banda Aceh (ANTARA) - Anggota Komisi V DPR RI asal Aceh Irmawan meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI untuk dapat membangun dua pelabuhan di Aceh pada 2024 mendatang, mengingat usulannya sudah berulang kali disampaikan.

"Pelabuhan di Labuhan Haji Aceh Selatan kini mengalami pendangkalan, dan pelabuhan sebagai akses wisata di Aceh Singkil perlu peningkatan. Kami minta segera dibangun tahun 2024 ini," kata Irmawan yang dikonfirmasi dari Banda Aceh, Kamis.

Irmawan menyampaikan, terkait pembangunan pelabuhan di Aceh Selatan tersebut sudah beberapa kali diusulkan, tetapi hingga hari ini belum ada kepastiannya.

Padahal, pembangunan sangat dibutuhkan, karena saat ini kapal tidak bisa lagi merapat ke pelabuhan akibat pendangkalan.

Maka dari itu, Irmawan berharap Menteri Perhubungan dapat mengalokasikan anggaran pada 2024 untuk pengerukan pelabuhan Labuhan Haji tersebut.

"Ini supaya pendangkalan dapat teratasi, dan kapal-kapal penumpang bisa merapat kembali ke dermaga. Dan Ini sudah berkali-kali kami surati melalui Dirjen Perhubungan Darat," ujarnya.

Selain Labuhan Haji, Irmawan juga mendorong Kementerian Perhubungan untuk menjalankan peningkatan pelabuhan di Aceh Singkil.

Peningkatan itu sudah sangat diharapkan masyarakat di sana, apalagi Aceh Singkil sedang mengembangkan agrowisata, dan kini juga sudah menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Aceh.

"Peningkatan pelabuhan Aceh Singkil sangat diharapkan, maka kami minta anggarannya juga tidak terlalu kecil, sehingga pembangunannya bisa tuntas pada 2024 nanti. Kami harap ini segera direalisasikan," demikian Irmawan.
Baca juga: Anggota DPR minta Ditjen Hubla tingkatkan anggaran pelabuhan di Aceh
Baca juga: Pemkab Nagan Raya Aceh mengkaji penggunaan pelabuhan PLTU angkut CPO

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023