Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate memanggil dua nama baru dari 26 skuad The Three Lions pada dua laga tandang kualifikasi Euro 2024 Grup C melawan Ukraina pada Sabtu (9/9) pukul 23.00 di Stadion Miejski Wroclaw dan melawan Skotlandia pada Rabu (13/9) pukul 01.45 WIB di Hampden Park.

Dua nama baru yang dipanggil pelatih 52 tahun itu adalah striker Arsenal Eddie Nketiah dan bek Chelsea Levi Colwill.

Meski baru, kedua nama itu sudah malang melintang di tim U-21 Inggris dimana Nketiah mempunyai 17 caps dengan 16 gol dan 3 assists, sedangkan Colwill memiliki 11 caps.

“Mereka adalah dua pemain muda yang tampil sangat baik dan tampil baik bersama tim junior kami,” ucap Southgate, dilansir dari laman resmi Inggris, Jumat.

Kedua nama baru itu juga tampil apik pada tiga laga pekan awal Liga Inggris 2023/2024. Nketiah tampil tiga kali bersama Arsenal dengan melesatkan 2 gol dari total 196 menit bermain, demikian dilansir dari Trasfermarkt.

Baca juga: Perpanjang kontrak di Arsenal, Eddie Nketiah warisi nomor punggung 14

Torehannya itu membuat striker 24 tahun tersebut membantu timnya meraih 7 poin dan menempati posisi kelima klasemen sementara Liga Inggris.

“Eddie adalah pemain muda dengan silsilah yang sangat bagus. Dia adalah finisher yang sangat bagus dan bagus baginya untuk memiliki waktu bersama kami,” ucap Southgate.

Sementara itu, untuk Colwill, seperti halnya Nketiah, bek 20 tahun tersebut juga tampil penuh selama membela Chelsea dari tiga awal Liga Inggris. Tiga penampilannya membawa The Blues sementara ini menempati posisi ke-10 klasemen sementara Liga Inggris dengan 4 poin.

“Dia menjalani turnamen yang bagus bersama U-21 dan dia menunjukkan di bawah tekanan bahwa dia bisa mengatasi hal-hal tersebut dan dia memulai dengan sangat baik bersama Chelsea musim ini,” ujar Southgate.

Baca juga: Gareth Southgate akan tetap latih Inggris hingga Euro 2024

Untuk nama-nama lainnya, Southgate tetap memanggil nama-nama langganan seperti Harry Kane (Bayern Muenchen), Jordan Henderson (Al Ettifaq), Kyle Walker (Manchesyer City), hingga Jordan Pickford (Everton).

Southgate juga masih memanggil pemain yang jarang mendapatkan menit bermain di klubnya, tapi kerap ia panggil sebelumnya, seperti Harry Maguire (Manchester United) dan Kalvin Phillips (Manchester City).

Pada kualifikasi Euro 2024, Inggris kini berada pada puncak klasemen Grup C dengan poin sempurna, 12 poin, hasil empat kemenangan dari empat laga.

Baca juga: Southgate panggil 25 pemain untuk kualifikasi Euro 2024 bulan Juni

Berikut 26 pemain timnas Inggris yang dipanggil untuk kualifikasi Euro 2024 bulan September:

Kiper: Sam Johnstone (Crystal Palace), Jordan Pickford (Everton), Aaron Ramsdale (Arsenal)

Bek: Ben Chilwell (Chelsea), Levi Colwill (Chelsea), Lewis Dunk (Brighton & Hove Albion), Marc Guehi (Crystal Palace), Harry Maguire (Manchester United), Fikayo Tomori (AC Milan), Kieran Trippier (Newcastle United), Kyle Walker (Manchester City)

Gelandang: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Jude Bellingham (Real Madrid), Conor Gallagher (Chelsea), Jordan Henderson (Al-Ettifaq), Kalvin Phillips (Manchester City), Declan Rice (Arsenal)

Penyerang: Eberechi Eze (Crystal Palace), Phil Foden (Manchester City), Jack Grealish (Manchester City), Harry Kane (Bayern Munich), James Maddison (Tottenham Hotspur), Eddie Nketiah (Arsenal), Marcus Rashford (Manchester United), Bukayo Saka (Arsenal), Callum Wilson (Newcastle United).

Baca juga: Bukayo Saka senang cetak hattrick pertama untuk timnas Inggris
Baca juga: Trent nikmati peran jadi gelandang saat bermain di timnas Inggris


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023