Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota Bogor di Provinsi Jawa Barat melakukan uji emisi pada 148 mobil dinas sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi polusi udara di wilayahnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memantau pelaksanaan uji emisi kendaraan dinas berbahan bakar bensin maupun solar di halaman Balai Kota Bogor, Jumat siang.

"Dari dua yang tadi saya saksikan, cukup baik hasilnya walaupun kendaraannya satu sudah cukup tua," katanya, menambahkan, "Uji emisi akan terus dilakukan untuk menurunkan polusi udara."

Uji emisi kendaraan dinas dilaksanakan sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2023 tentang pengendalian pencemaran udara di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Instruksi itu mencakup arahan kepada para kepala daerah di wilayah Jabodetabek untuk menerapkan sistem kerja hibrida serta melakukan pembatasan penggunaan kendaraan bermotor, peningkatan pelayanan transportasi publik, pengendalian emisi, dan pengawasan pengelolaan limbah industri.

Bima Arya menyampaikan bahwa kajian pemerintah kota bersama peneliti dari IPB menunjukkan emisi gas buang kendaraan bermotor merupakan penyumbang terbesar pencemar udara di Kota Bogor.

Oleh karena itu, ia mengatakan, Pemerintah Kota Bogor menargetkan uji emisi bisa dilakukan pada sekitar 5.000 kendaraan hingga Desember 2023.

Pemerintah Kota Bogor bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dalam melaksanakan uji emisi kendaraan bermotor, termasuk mobil dinas, kendaraan angkutan umum, dan mobil milik pribadi.

Dalam pelaksanaan uji emisi kendaraan di lingkungan Balai Kota Bogor pada Jumat, sejak pukul 13.20 WIB kendaraan dinas yang akan diperiksa sudah antre.

"Ada lima alat uji emisi untuk kendaraan yang menggunakan bensin dan tiga alat untuk kendaraan yang menggunakan solar," kata Bima Arya.

Kendaraan-kendaraan yang sudah menjalani uji emisi diberi stiker dan sertifikat tanda lolos uji emisi, yang berlaku di seluruh wilayah Jabodetabek.

​​​​​​​Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor Denni Wismanto menyampaikan bahwa tingkat polusi udara di Kota Bogor saat ini tergolong masih aman.

"Kita masih cukup aman, antara sedang, atau kemarin diguyur hujan kita hijau. Tapi uji emisi akan tetap kita laksanakan. Sabtu depan ada di GOR Pajajaran," kata dia.

Baca juga:
39.611 kendaraan di Kota Tangerang jalani uji emisi
Polisi mulai berlakukan tilang uji emisi

 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023