Kegiatan uji emisi kendaraan ini akan kita masifkan di wilayah. Kita juga buka layanan setiap Selasa sampai Kamis di kantor Dishub Kota Tangerang
Tangerang, Banten (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Provinsi Banten menyebutkan sebanyak 39.611 kendaraan telah dilakukan uji emisi selama periode bulan Januari - Agustus 2023 dan 70 kendaraan di antaranya dinyatakan tidak lulus.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Achmad Suhaely di Tangerang Jumat mengatakan kegiatan uji emisi kendaraan saat ini akan diprioritaskan dengan jadwal yang lebih masif seiring kasus polusi udara.

Hal ini didukung dengan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang menyatakan 67 persen polusi udara dihasilkan dari kendaraan sehingga perlu adanya upaya penanganan.

"Maka itu kegiatan uji emisi kendaraan ini akan kita masifkan di wilayah. Kita juga buka layanan setiap Selasa sampai Kamis di kantor Dishub Kota Tangerang," kata Achmad Suhaely usai kegiatan uji emisi gratis yang berlangsung di Stadion Benteng Reborn, Kecamatan Tangerang.

Terkait data kendaraan yang dilakukan uji emisi, kata dia, saat kegiatan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) di UPT Pengelolaan Prasarana Teknis Perhubungan dilaksanakan juga uji emisi.

Khusus terkait kasus polusi udara, Dishub telah melaksanakan di tiga lokasi beberapa waktu terakhir yakni Stadion Benteng Reborn, Alun - Alun Cibodas dan Kodim 05/06 Tangerang.

"Dari tiga kegiatan tersebut, ada 135 kendaraan yang dilakukan uji emisi. Sebanyak 118 kendaraan lulus dan 17 kendaraan tak lulus uji emisi. Bagi yang tak lulus, kami berikan edukasi untuk melakukan perbaikan kendaraan," ujarnya.

Sementara itu data kegiatan uji emisi selama Januari dari Agustus yang berhasil direkap yakni pada bulan Januari ada 5.613 kendaraan diuji dan tiga kendaraan tidak lulus.

Lalu, bulan Februari ada 4.908 kendaraan diuji, enam kendaraan tak lulus. Pada Maret ada 5.576 kendaraan diuji emisi, 16 unit tidak lulus. Bulan April ada 3.460 kendaraan diuji dan semuanya lulus. Bulan Mei ada 4.432 kendaraan diuji dan 14 unit tak lulus. Bulan Juni ada 5.202, enam unit tak lulus. Lalu bulan Juli ada 5.757 kendaraan diuji dan semuanya lulus.

Pada bulan Agustus, 4.445 kendaraan diuji, delapan kendaraan tak lulus. "Khusus agustus, jumlahnya diluar dari tiga kegiatan yang dilakukan karena adanya kasus polusi udara," kata Achmad Suaedy.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin sebelumnya mengatakan Pemerintah Kota Tangerang Banten menargetkan akan melakukan uji emisi terhadap 2.000 unit kendaraan dalam upaya menekan polusi udara mulai bulan September 2023.

Upaya lain yang akan dilaksanakan oleh Pemkot Tangerang dalam mengatasi polusi udara yakni pemantauan manual kualitas udara di 37 titik yang ada di 13 kecamatan.

Kemudian melakukan penanaman pohon pelindung di lingkungan sekitar melalui program penghijauan, optimalisasi kampung proklim dan sekolah adiwiyata, melakukan supervisi terhadap industri-industri yang menggunakan bahan bakar fosil (batubara) di Kota Tangerang, demikian Sachrudin.

Baca juga: Kota Tangerang tindak kendaraan tak lulus uji emisi mulai pekan depan

Baca juga: Uji emisi gratis digelar di Kabupaten Bogor sampai akhir Desember 2023

Baca juga: Lokasi tilang uji emisi di Jakarta berpindah-pindah setiap pekan

Baca juga: Kakorlantas: Uji emisi kendaraan bukan untuk menilang masyarakat

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023