Tangerang (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Banten, menggencarkan pelaksanaan uji emisi kendaraan secara gratis di banyak tempat agar masyarakat lebih peduli dengan lingkungan.

"Melalui kebiasaan masyarakat dalam mengakses layanan uji emisi kendaraan secara gratis, maka diharapkan nantinya akan peduli dengan isu lingkungan yang terjadi," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Achmad Suhaely di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan Dishub pada hari ini melaksanakan uji emisi kendaraan bermotor di Kodim 0506 Kota Tangerang secara gratis mengantisipasi polusi udara akibat dari gas buang kendaraan.

Baca juga: Atasi polusi, Kota Tangerang uji emisi 2.000 kendaraan

"Kegiatan ini sebagai langkah cepat menindaklanjuti Instruksi Kementerian Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 2 Tahun 2023 tentang Pengendalian Pencemaran Udara di wilayah Jabodetabek," katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini diikuti oleh puluhan kendaraan bermotor, khususnya mobil dan diharapkan uji emisi gratis ini dapat dioptimalkan sebagai kesempatan mendapatkan data konkret untuk penilaian dan pengendalian kadar emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor.

Baca juga: Wali Kota Tangerang: Uji emisi bagian evaluasi kualitas udara kota

"Langkah awal sebagai upaya pengendalian lingkungan, khususnya polusi udara, disambut secara antusias oleh banyak kalangan. Terlebih, uji emisi saat ini sangat penting dan relevan untuk mendorong kesadaran mengenai kepedulian lingkungan di Kota Tangerang,” katanya.

Ia menambahkan, uji emisi gratis yang dilakukan Dishub Kota Tangerang ini juga menjadi kesempatan untuk melakukan sosialisasi dan himbauan kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kepedulian terhadap kondisi polusi udara.

Uji emisi gratis pada puluhan kendaraan bermotor tersebut dilakukan dengan mengukur kadar CO (karbon monoksida), CO2 (karbon dioksida), HC (hidrokarbon), serta O2 (oksigen) melalui pengukuran dengan alat pendeteksi di knalpot kendaraan masing-masing.

Baca juga: Pertamina dan DLH Kota Tangerang gelar uji emisi kendaraan gratis

“Tujuan dilakukan uji emisi gratis ini, yakni masyarakat Kota Tangerang yang menggunakan kendaraan bermotor menjadi tahu mengenai dampak panjang yang dihasilkan oleh kebiasaannya tersebut. Pemahaman ini diharapkan mampu memantik kesadaran untuk perlahan mendorong transformasi sosial ke arah yang lebih ramah lingkungan,” katanya

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023