Tiga perusahaan juga akan mendetailkan aspek teknis, legal, komersial hingga risiko.
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) bersama ACWA Power dan PT Pupuk Indonesia (Persero) mematangkan rencana pembangunan proyek integrated green hydrogen dan green ammonia di Indonesia. Proyek ini nantinya akan menghasilkan hidrogen yang berfungsi sebagai bahan bakar alternatif ramah lingkungan.

Tiga perusahaan tersebut akan membahas lebih lanjut pada business matching dalam flagship event KTT ke-43 ASEAN, yaitu ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) yang berlangsung pada 5-6 September 2023 di Jakarta.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, di Jakarta, Jumat, menjelaskan dalam business matching, tiga perusahaan akan membahas lebih detail lagi terkait dengan timeline pembangunan proyek. Tiga perusahaan juga akan mendetailkan aspek teknis, legal, komersial hingga risiko.

"Lewat forum ini, nantinya PLN, ACWA, dan Pupuk Indonesia akan mematangkan rencana pembangunan proyek secara detail. Kerja sama ini tidak hanya akan mengembangkan ekosistem bisnis energi, tetapi juga mendorong perekonomian nasional," kata Darmawan lewat keterangannya.

Kerja sama yang sudah memasuki tahapan joint development study agreement (JDSA) itu merupakan pilot project terbesar di Indonesia. Kerja sama tersebut akan menghasilkan lebih dari 30 ribu ton hidrogen dan menyerap investasi hingga 1,35 miliar dolar AS. Hal itu juga merupakan langkah nyata kehadiran BUMN dalam mendukung transisi energi di Indonesia.

Kerja sama itu juga menjadi bukti hubungan bilateral yang kuat antara Indonesia dan Arab Saudi. Adapun, ACWA Power merupakan perusahaan asal Arab Saudi.

Terletak di Jawa Timur, pabrik hidrogen tersebut juga akan mengembangkan hilirisasi energi berupa green ammonia dan green hydrogen yang bisa diserap oleh industri pupuk. Pada 2025-2026 mendatang proyek itu akan masuk dalam tahap pembangunan dan ditargetkan di 2027 sudah mulai beroperasi.

PLN memastikan akan terus mempercepat proyek transisi energi untuk bisa mencapai target net zero emission (NZE) 2060. PLN juga membuka kolaborasi aktif semua pihak untuk bisa bersama merealisasikan proyek energi bersih di Indonesia.
Baca juga: Dukung penurunan emisi karbon, PGN dan PIM kembangkan bisnis gas
Baca juga: Pupuk Indonesia gandeng Jepang kaji pembangunan pabrik Green Ammonia

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023