PLN EPI menjadi bagian dalam mendorong proses transisi energi.
Jakarta (ANTARA) - PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) sebagai subholding PT PLN (Persero) memperbanyak penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas untuk kegiatan operasional.

"Inisiatif dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik terus digaungkan oleh pemerintah. PLN EPI turut serta dalam langkah ini dengan memperbanyak penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas," kata Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara dalam keterangan, di Jakarta, Jumat.

Iwan Agung Firstantara menjelaskan PLN EPI menjadi bagian dalam mendorong proses transisi energi.

Selain dalam bisnis intinya menjamin pasokan energi primer, pihaknya juga melakukan inisiatif mandiri untuk turut serta mendorong ekosistem kendaraan listrik, ujar Iwan Agung.

"Dari sisi core business, kami memastikan pasokan biomassa dan gas sebagai energi alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk mendukung transisi energi," kata Iwan Agung.

Sedangkan untuk inisiatif operasional, PLN EPI mengoperasikan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas dan mendorong pegawai untuk beralih ke kendaraan listrik.

Iwan merinci PLN EPI mengoperasikan 3 mobil listrik dan 2 motor listrik untuk kendaraan dinas. Sedangkan untuk inisiatif mandiri, saat ini total ada 10 pegawai PLN EPI yang menggunakan kendaraan listrik.

Hal ini juga sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022.

Inpres tersebut mengatur tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Selain itu, pemerintah melalui Kementerian BUMN juga mengeluarkan Surat Edaran Menteri BUMN Nomor S- 565/MBU/09/2022 tentang Dukungan Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, kata Iwan Agung.

PT PLN Energi Primer Indonesia merupakan subholding PLN yang didirikan untuk memastikan ketersediaan pasokan suplai energi primer melalui konsolidasi proses pengadaan dan logistik, pencarian sumber energi primer serta pengembangan ekosistem yang resilient dan rantai pasok yang kuat.
Baca juga: PLN EPI replikasi kawasan green economy kerakyatan di sejumlah daerah
Baca juga: PLN EPI minta insinyur muda kembangkan sistem kelistrikan Indonesia

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023