Pemerintah berkomitmen terus membangun dan menciptakan beragam wisata serta merawat destinasi yang telah ada
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie, Aceh fokus mengembangkan pariwisata sebagai salah satu upaya menumbuhkan sektor perekonomian baru di wilayah setempat.

“Ada beberapa sektor wisata yang dikembangkan mulai dari wisata pantai dan gunung,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pidie Edy Saputra, di Pidie, Jumat.

Edy mengatakan, untuk pengembangan pariwisata, pihaknya sedang berupaya meningkatkan berbagai fasilitas di objek wisata tersebut supaya memiliki daya tarik serta kenyamanan terhadap pengunjung.

"Jika objek wisata sudah tertata secara baik, maka itu bisa membuka peluang usaha atau perekonomian baru bagi masyarakat di Pidie," ujarnya.

Adapun sejumlah destinasi wisata yang akan dikembangkan tersebut yakni Pantai Mantak Tari di Kecamatan Simpang Tiga, Wisata Ie Suum atau pemandian air panas di Beungga Kecamatan Tangse, Pantai Pelangi di Kota Sigli, dan Pantai Lhok Mahoni di Kecamatan Batee.

Sejauh ini, kata Edy, untuk di wisata Ie Suum pemerintah sudah membangun sarana ibadah, kamar mandi, hingga lokasi pelaku UMKM berdagang.

Kemudian, di pantai Lhok Mahoni sedang dilaksanakan pengerjaan jalan untuk kemudahan akses menuju ke lokasi wisata itu, berupa pengerasan dan pengaspalan jalan. Sedangkan untuk lainnya segera dikembangkan.

“Pemerintah berkomitmen terus membangun dan menciptakan beragam wisata serta merawat destinasi yang telah ada,” katanya.

Dirinya menyampaikan, setelah adanya peningkatan fasilitas, maka nantinya akan diiringi dengan ketentuan tertentu dalam pengelolaan, sehingga keindahan sebuah objek wisata tersebut bisa terus terjaga baik.

"Tentu nanti harus diiringi dengan peraturan-peraturan, baik untuk pengunjung maupun para pelaku UMKM," kata Edy Saputra.

Baca juga: Pemkab diminta libatkan semua pihak soal penataan situs Rumoh Geudong

Baca juga: CRU Mila gunakan gajah jinak atasi konflik gajah di Pidie

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023