Jakarta (ANTARA) - Sweater domba hitam keluaran Warm and Wonderful, yang pernah dipakai Putri Diana, akan dilelang melalui Sotheby's, seperti disiarkan laman Hello Magazine, Jumat.

Dalam warna merah cerah, sweater rajut menampilkan deretan domba putih yang lucu, dengan seekor domba hitam kontras sebagai titik fokusnya. Barang tersebut diperkirakan akan terjual antara 50.000 dolar dan 80.000 dolar AS pada lelang yang akan berlangsung antara 31 Agustus dan 14 September 2023.

Putri Diana pertama kali meluncurkan sweater bertema peternakan itu pada tahun 1981 ketika dia menonton suaminya, Pangeran (kini Raja) Charles, bermain polo. Saat sedang liburan atau bertugas, Putri Diana memang kerap memakai pakaian yang unik yang akhirnya menjadi ikon tersendiri bagi banyak orang.

Baca juga: Kim Kardashian beli liontin yang dikenakan Putri Diana

Desain sweater lucu itu diciptakan oleh Sally Muir dan Joanna Osbourne, yang mendirikan label pakaian rajut mereka, Warm and Wonderful, pada tahun 1979. Liputan media yang luas tentang rajutan bergaya Putri Diana melambungkan merek independen mereka ke dunia mode.

Beberapa minggu setelah sweater tersebut tampil terkenal, Warm and Wonderful menerima surat dari Istana Buckingham yang meminta perbaikan atau penggantian, menjelaskan bahwa rajutan rusak.

Warm and Wonderful pun memenuhi permintaan itu, mengirimkan sweater baru dan menyatukan kembali Putri Diana dengan desain domba yang sangat disukainya.

Muir dan Osbourne semula meyakini sweater itu sudah diperbaiki dan dikirimkan ke konsumen lain, sampai Maret lalu ketika Osbourne menemukan baju itu berada di dalam kotak yang tersimpan di loteng. Setelah penelusuran yang menyeluruh, rumah lelang Sotheby's mengonfirmasi sweater itu pernah dipakai Putri Diana.

Baca juga: Ford Escort Putri Diana dilelang, harga ditaksir Rp1,7 miliar

Baca juga: Fakta-fakta seputar Putri Diana yang meninggal seperempat abad lalu

Baca juga: Dokumenter "The Princess" ajak penonton tenggelam dalam kisah Diana

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023