Inflasi Agustus 2023 lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 0,20 persen.
Semarang (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah (Jateng) mencatat inflasi provinsi ini pada Agustus 2023 tercatat mencapai 0,03 persen.

Kepala BPS Jateng Dadang Hardiwan dalam siaran pers, di Semarang, Jumat, mengatakan inflasi Agustus 2023 lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 0,20 persen.

Sementara inflasi Agustus 2023 jika dibandingkan dengan inflasi bulan yang sama tahun lalu, kata dia lagi, tercatat mencapai 3,29 persen.

Ia menuturkan inflasi dipicu oleh kenaikan harga sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, terutama kelompok pendidikan yang memberi kontribusi tertinggi sebesar 0,74 persen.

Dadang menyebut komoditas yang memicu terjadinya inflasi pada Agustus 2023, antara lain kenaikan harga beras, cabai merah dan cabai rawit

Selain itu, dia juga menyebut kenaikan harga nasi dengan lauk dan biaya pendidikan taman kanak-kanak, juga memicu terjadinya inflasi.

Adapun faktor yang menahan laju inflasi pada Agustus 2023, antara lain penurunan harga bawang merah, telur ayam, daging ayam, serta tarif angkutan udara.

"Adanya panen raya bawang merah menyebabkan harga turun," kata Dadang pula.

Adapun enam kota utama di Jateng yang menjadi tempat survei biaya hidup, ujar dia lagi, seluruhnya mencatatkan inflasi pada Agustus 2023.

Inflasi tertinggi terjadi di Kota Tegal yang mencapai 0,06 persen, sementara inflasi terendah terjadi di Purwokerto sebesar 0,01 persen.
Baca juga: BI Jateng: Inflasi Mei 2023 turun menjadi 0,22 persen
Baca juga: BI: Bawang merah dan cabai rawit jadi penahan inflasi Jateng

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023