Jakarta (ANTARA/JACX) – Pertandingan Piala AFF U-23 telah berakhir yang dijuarai oleh Vietnam pada 26 Agustus lalu.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong seusai pertandingan menyatakan kecewa dengan kinerja wasit dalam final laga Piala AFF U 23 tersebut. Ia menilai wasit kerap mengabaikan pelanggaran keras yang dilakukan pemain Vietnam terhadap timnas Indonesia.

Beredar di media sosial video di YouTube berdurasi tiga menit menarasikan bahwa FIFA memberi hukuman terhadap wasit final laga Piala AFF U23, Hiroki Kasahara.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“RESMI: LAGA FINAL PIALA AFF U-23 DI ULANG.

4 HUKUMAN YANG DILAYANGKAN FIFA UNTUK WASIT DAN AFF

PRESIDEN AFF LANGSUNG DIAM.”

Namun, benarkah FIFA hukum wasit final laga Piala AFF U 23 2023 karena curangi Indonesia?

 

Unggahan hoaks video yang menarasikan FIFA menghukum wasit final laga Piala AFF U 23 2023 karena curangi Indonesia. Faktanya, tidak ada pernyataan resmi mengenai hal tersebut. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, tidak ada informasi secara resmi dari FIFA menghukum wasit final laga Piala AFF U 23 2023 karena curangi Indonesia. Narator dalam video tersebut hanya membacakan narasi pada laman Yoursay.id yang berjudul “Shin Tae-yong Desak Wasit Final Piala AFF U-23 2023 Nonton Ulang Video Pertandingan”.

Dalam artikel tersebut dijelaskan Shin Tae-yong kecewa dengan kinerja wasit dalam pertandingan Indonesia vs Vietnam pada final Piala AFF U-23 2023 dan mendesak wasit untuk menonton ulang video pertandingan.

Selain itu, video yang menampilkan Presiden FIFA, Gianni Infantino serupa dengan unggahan RwandaTV yang berjudul “LIVE: The 73rd FIFA Congress | Press Conference | Kigali, 16 March 2023” yang diunggah 16 Maret 2023. Dalam video tersebut, Gianni memberikan keterangan pers pada Kongres FIFA ke-73 di Rwanda.

Dengan demikian, unggahan video yang menyatakan FIFA menghukum wasit final laga Piala AFF U 23 2023 Hiroki Kasahara karena curangi Indonesia merupakan penyataan tidak berdasar,

Klaim: FIFA hukum wasit final laga Piala AFF U 23 2023 karena curangi Indonesia

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! FIFA putuskan final laga Piala AFF U 23 2023 diulang lagi

Cek fakta: Hoaks! FIFA resmi undang Neymar jadi ikon Piala Dunia U 17 di JIS

Baca juga: Erick pastikan persiapan Piala Dunia U-17 berjalan sesuai target

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023