... kunjungan terbesar... "
Tokyo (ANTARA News) - Hampir 170 orang anggota legislatif Jepang berziarah ke kuil Yasukuni, Selasa. Ini menjadi kunjungan terbesar yang pernah dilakukan parlemen Jepang ke tempat yang dipandang sebagai lambang imperialisme Jepang itu.

Ziarah tahunan ke kuil Yasukuni biasanya dilakukan puluhan anggota legislatif, yang membuat marah negara tetangga China dan Korea Selatan. Dan kali ini kedua negara itu juga memprotes kunjungan para menteri Jepang ke kuil tersebut.

Tercatat 168 anggota parlemen yang berziarah ke Yasukuni di Tokyo pada Selasa pagi, kata anggota parlemen Majelis Tinggi, Toshiei Mizuochi.

Kuil itu didedikasikan untuk menghormati 2,5 juta korban perang termasuk 14 petinggi militer Jepang yang oleh sejumlah negara Asia dianggap sebagai penjahat perang dan agresi militer Jepang ke negara-negara Asia.

Kunjungan ke kuil itu dilakukan selang sehari setelah Korea Selatan membatalkan rencana lawatan Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Yun Byung-se, ke Tokyo, sebagai bentuk protes mereka terhadap kunjungan para menteri Jepang ke Yasukuni.

(M007)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013