Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut tidak ada masalah pribadi seputar pencoretan Rivan Nurmulki dari timnas bola voli putra untuk Asian Games 2022.

Nama Rivan diketahui tidak masuk dalam daftar 12 pemain bola voli putra untuk Asian Games yang diumumkan PP PBVSI pada 30 Agustus.

Posisi opposite hitter yang biasanya diisi Rivan justru diserahkan kepada Agil Angga Anggara dan Boy Arnez Arabi.

"Tidak ada masalah personal maupun subyektif terkait pencoretan nama Rivan. Jadi ini miskomunikasi yang tidak tersampaikan secara lengkap baik atlet maupun federasi. Ini sedang kami mediasikan," kata Menpora Dito di Jakarta, Jumat.

"Ini yang sedang kami tengahi dan saya rasa akan mendapat titik temu. Ini yang kami juga dorong di setiap cabang olahraga, alur dan juga pola komunikasi saat ini harus lebih terbuka dan juga langsung. Jadi hal-hal seperti ini tidak terjadi di cabang olahraga lain," tambahnya.

PP PBVSI dipastikan hanya mengirim 12 atlet bola voli putra ke Asian Games 2022 dan bukan 14 pemain karena regulasi yang ditetapkan oleh panitia pelaksana pesta olahraga multicabang itu.

Baca juga: PBVSI kirim 12 pemain voli putra ke Asian Games

Sebelumnya, Rivan juga absen memperkuat timnas Indonesia pada ajang Kejuaraan Bola Voli Asia atau Asian Men's Volleyball Championship pada pertengahan Agustus karena sedang fokus mendampingi istrinya yang akan melahirkan.

Meski demikian, saat kejuaraan itu berlangsung, Rivan justru membela tim Kalimantan Timur pada ajang Piala Kapolri.

Pada undian untuk Asian Games 2022, Indonesia menghuni Pool F bersama Jepang, Filipina, dan Afghanistan.

Baca juga: Asian Games Hangzhou akan sepenuhnya gunakan energi hijau
Baca juga: Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2022 berkekuatan 415 atlet

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023