dalam kurun waktu satu bulan ini sudah terjadi 57 kasus pencurian kendaraan bermotor
Jakarta (ANTARA) -
Kepolisian menyosialisasikan kepada warga Jagakarsa, Jakarta Selatan pencegahan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan tawuran dengan mengaktifkan kembali Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas).
 
"Mari kita nyalakan kembali Pokdar Kamtibmas agar berkibar dan aktif di Kecamatan Jagakarsa untuk menjaga keamanan lingkungan, " kata Kapolsek Jagakarsa AKP Iwan Gunawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Iwan menjelaskan alasan menggalakkan wadah itu karena dalam kurun waktu satu bulan ini sudah terjadi 57 kasus pencurian kendaraan bermotor dengan Kelurahan Srengseng Sawah merupakan daerah yang banyak terjadi kejadian curanmor sebanyak 12 kasus.
 
Iwan menambahkan dengan  mengantisipasi kerawanan yang terjadi di wilayah masing-masing, Pokdar dapat menghapuskan embrio-embrio kejahatan di daerah yang marak kasus pencurian motor baik siang maupun malam.
 
"Parkirlah kendaraan ditempat yang aman dan jangan sembarangan, kunci pintu pagar, dan hal-hal yang berpotensi terjadi pencurian, " katanya.
 
Iwan juga mengimbau untuk tidak ada lagi pemuda yang kumpul-kumpul di pinggir jalan pada malam hari karena berpotensi menyulut gesekan-gesekan antar pemuda masing-masing kampung.
 
"Mari kita jaga keselamatan keluarga kita, saudara kita, warga kita agar terhindar dari embrio-embrio kejahatan dan tawuran warga, " jelasnya.
 
Iwan juga mengimbau untuk mengaktifkan pos-pos Pokdar Kamtibmas di gang-gang melakukan kerja sama dengan RW dan RT setempat agar keamanan lingkungan  terjaga.
Baca juga: Polisi: Tabrakan tujuh pemotor dengan truk akibat lawan arah
Baca juga: Polisi tangkap 10 pelajar yang terlibat tawuran di Setiabudi
Baca juga: Polisi tangkap enam pelajar diduga hendak tawuran di Jaksel

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023