Jakarta (ANTARA) - West Ham United memuncaki klasemen sementara Liga Inggris setelah meraih kemenangan 2-1 di markas Luton Town, pada pertandingan yang dimainkan di Kenilworth Road, Luton, Jumat setempat atau Sabtu dini hari WIB.

The Hammers menduduki posisi teratas dengan koleksi sepuluh poin, sedangkan kekalahan ketiga Luton di liga musim ini memaksa mereka terpuruk di dasar klasemen dengan nol poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Posisi puncak klasemen itu akan menjadi milik West Ham setidaknya sampai Manchester City berhadapan dengan Fulham pada Sabtu.

Baca juga: West Ham perkuat pertahanan dengan datangkan Mavropanos dari Stuttgart

Jarrod Bowen merupakan pemain yang mencetak gol penentu kemenangan untuk membawa West Ham memenangi trofi pertama mereka dalam 43 tahun, saat klub London itu menjuarai Liga Conference Eropa pada Juni.

Pemain internasional Inggris itu membuka keunggulan West Ham pada menit ke-37, saat tandukannya memanfaatkan umpan Lucas Paqueta tidak mampu diantisipasi kiper Thomas Kaminski.

Tim tamu mengemas gol keduanya setelah turun minum, namun gol yang dibukukan Emerson itu tidak disahkan karena offside.

Gol kedua West Ham baru tercipta pada menit ke-85, saat James Ward-Prowse mengirimkan tendangan penjuru untuk disambar Kurt Zouma. Itu merupakan assist ketiga Ward-Prowse dari tiga penampilannya bersama West Ham.

Luton gagal mencatatkan satu pun tembakan ke gawang sampai fase akhir pertandingan. Namun mereka akhirnya mampu mencetak satu gol hiburan pada menit ke-92, ketika Mads Andersen menanduk bola yang berbuah gol.

Baca juga: Liverpool capai kesepakatan datangkan Gravenberch senilai 45 juta euro

Itu merupakan gol perdana Luton dari permainan terbuka pada musim ini.

West Ham sebenarnya berpotensi dihukum penalti saat lengan Ward-Prowse mengenai bola di kotak terlarang, namun wasit tidak menilai hal itu sebagai pelanggaran.

Daftar susunan pemain:

Luton Town: Thomas Kaminski, Alfie Doughty (Chiedozie Ogbene 78'), Reece Burke, Mads Andersen, Amari Bell, Ryan Giles (Jacob Brown 71'), Tahith Chong (Cauley Woodrow 84'), Marvelous Nakamba, Ross Barkley (Ruddock Pelly 71'), Elijah Adebayo (ISsa Kabore 71'), Carlton Morris

West Ham United: Alphonse Areola, Vladimir Coufal, Kurt Zouma, Nayef Aguerd, Emerson, Edson Alvarez, James Ward-Prowse, Jarrod Bowen, Lucas Paqueta (Mohammed Kudus 90'), Said Benrahma (Pablo Fornals 71'), Michail Antonio (Danny Ings 80')

Baca juga: Tikung Tottenham, Brighton dikabarkan dapatkan Ansu Fati

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023