Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut Nana Sudjana yang ditunjuk menjadi penjabat Gubernur Jateng oleh Presiden Joko Widodo merupakan sosok yang sangat memahami integritas.

“Karena kawan-kawan (ASN Jateng) sudah biasa menjaga integritas, maka nanti saya akan titipkan Pak Nana tolong jaga integritas baik dari dalam maupun dari luar. Beliau pernah jadi APH sekarang jadi inspektorat sangat paham sekali,” katanya di Semarang, Sabtu.

Ganjar mengaku sudah berkomunikasi dengan Nana Sudjana dan yakin Jawa Tengah bisa mempertahankan apa yang telah dicapai dalam sepuluh tahun terakhir.

“Kita akan berbagi pengalaman. PR-PR apa yang mesti dikerjakan dan insya Allah kawan-kawan dari ASN Jateng siap membantu. Beliau sudah punya pengalaman banyak jadi cukup mampu tinggal mengecilkan dalam arti isunya lebih sempit di level Jateng. Nanti akan saya sampaikan beberapa poin yang penting untuk segera mendapatkan penuntasan,” ujarnya.

Terkait dengan hal itu, dirinya meminta para aparatur sipil negara di lingkungan Pemprov Jateng tetap menjaga integritas dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Terjaganya integritas ASN Pemprov Jateng merupakan kebanggaan bagi saya selama sepuluh tahun memimpin Jateng,” katanya.

Selain menjaga integritas, Ganjar juga meminta para ASN tidak tergoda pada hal-hal yang dapat mencederai kejujuran.

Dirinya menyebut godaan yang pertama muncul adalah integritas yang memudar sehingga menyebabkan ASN tergoda dengan gratifikasi, sogokan, bahkan muncul niat untuk melakukan berbagai praktik tindak pidana korupsi.

“Maka saya titip kepada kawan-kawan, untuk berani membentengi diri dan bersikap dan mereka sudah praktik selama sepuluh tahun,” ujarnya.

Tidak kalah penting, Ganjar meminta agar ASN Jateng terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dengan tetap berpegang teguh pada empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Masa jabatan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berakhir pada 5 September 2023 dan akan digantikan Penjabat (Pj) Gubernur Jateng yang telah ditunjuk yakni Nana Sudjana. Serah terima dan pelantikan Pj Gubernur Jateng akan dilakukan pada 5 September 2023 di Jakarta.
Baca juga: DPRD Jateng ingatkan empat tugas Pj Gubernur pengganti Ganjar
Baca juga: Presiden: Nama Pj Gubernur pengganti Ganjar paling lambat pekan ini
Baca juga: Jokowi pastikan penunjukan pj gubernur Jateng sesuai mekanisme

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023