FKSM ini melanjutkan visi Kemendikbudristek untuk membangunkan seni media yang berbasis teknologi di seluruh Indonesia supaya bisa dilihat atau dinikmati oleh masyarakat
Mataram (ANTARA) - Festival Komunitas Seni Media (FKSM) 2023 di Taman Budaya, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB( melibatkan komunitas seni media dan pertunjukan Tanah Air yang menampilkan karya-karya mereka dengan pengantar media teknologi.

"FKSM ini melanjutkan visi Kemendikbudristek untuk membangunkan seni media yang berbasis teknologi di seluruh Indonesia supaya bisa dilihat atau dinikmati oleh masyarakat," kata salah satu kurator pameran di FKSM 2023, Jeong Ok Jeun dalam pra acara penampilan hari pertama di Taman Budaya, Mataram, Sabtu (2/9) malam.

Ia menjelaskan seni media melibatkan berbagai unsur seperti kinetik, sensorik, suara, cahaya, video, animasi, digital konten atau kecerdasan buatan.

Karya-karya seniman yang ditampilkan, kata dia, berasal dari Pulau Jawa, DKI Jakarta, Sulawesi dan Pulau Lombok.

Pertunjukan silang media dan seni media yang ditampilkan antara lain Ritus Alam, Song Of The Earth, Sketsa-Sketsa di Kebun warisan: Tanah Baja, Pulau-pulau Jiwa, Lacuna for compassion, Film komik Waran Lombok Utara, dan Tanah Dialektika.

Kemudian pameran arsip digitalisasi musik Irama Nusantara antara lain pameran, Selekta Jawa, Rosen Muller, Sound Dancer, The Dare, dan perbincangan.

FKSM 2023 yang bertema "Tanah Dialektika" itu, katanya, mempertemukan berbagai praktik produksi pengetahuan dari beragam komunitas yang banyak bekerja dengan pendekatan teknologi dan kombinasi sejumlah bentuk media.

"Yang terpenting dan terutama dari FKSM ini adalah pertemuan dari antar banyak pihak, pemikiran, dan latar belakang yang kemudian dikolaborasikan di Taman Budaya ini," kata salah satu kurator lainnya, Yudi Ahmad Tajudin.

Berbagai karya dalam pameran di FKSM 2022 yang berlangsung pada 2 sampai 8 september 2023 itu diseleksi oleh kurator Sudjud Dartanto, Jeong Ok Jeon, dan Yudi Ahmad Tajudin.

FKSM 2023 berisikan pameran seni media, pentas pertunjukan silang-media, tur galeri, wicara seniman dan serangkaian kegiatan edukasi bagi publik umum dan pelajar di Lombok.

Festival tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bekerja sama dengan ARCOLABS, Unit Pelaksana Teknis Dinas Taman Budaya Mataram, dan Komunitas Seniman Lombok yang berlokasi di Taman Budaya.

Baca juga: Kemendikbudristek selenggarakan Festival Komunitas Seni Media di NTB

Baca juga: FKSM 2022, wadah komunitas seni media majukan budaya daerah

Baca juga: Berkolaborasi di Bengkulu menyemai inovasi teater multimedia

Baca juga: FKSM 2022 libatkan 13 komunitas seni media di Tanah Air

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023