Kita harus menjalin komitmen dan ketegasan bahwa kita harus kembali pada Pancasila.
Surabaya (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengingatkan segenap elemen bangsa dan masyarakat untuk tetap berpegang teguh pada Pancasila yang merupakan falsafah dan norma hukum tertinggi di Indonesia.

"Kita harus menjalin komitmen dan ketegasan bahwa kita harus kembali pada Pancasila. Seperti berkembang pesatnya taichi di Indonesia yang tidak lepas dari Pancasila," kata LaNyalla dalam keterangannya di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, saat salah satu alasan berkembang pesatnya olahraga taichi di Indonesia, khususnya di Jawa Timur, berkat hebatnya nilai-nilai yang ada di Indonesia, yaitu nilai kebinekaan dan nilai persatuan yang terangkum di dalam Pancasila.

"Oleh karena itu, Indonesia selalu bisa menyerap semua tradisi dan budaya yang masuk ke Indonesia. Selanjutnya dapat dikembangkan dan dilakukan secara inklusif," katanya saat acara Grand Launching Duta Taichi Indonesia di Surabaya pada hari Sabtu (2/9).

Dengan begitu, lanjut dia, taichi tidak hanya menjadi milik komunitas atau etnis tertentu, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat Indonesia dengan harapan keberagaman, kebinekaan, dan rasa persatuan tetap terajut dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

LaNyalla juga mengapresiasi jajaran Pengurus Pusat Duta Taichi Indonesia yang sukses mengembangkan dan menyebarluaskan olahraga, sekaligus menjadi kegiatan yang mengusung kesehatan.

"Olahraga ini cukup digemari di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Ini menunjukkan bahwa pengurus Duta Taichi Indonesia berhasil menjadikannya mudah dikenali dan mudah diterima oleh beragam masyarakat luas," kata LaNyalla.

Baca juga: Ketua DPD RI sampaikan aspirasi pesilat ke Kapolda Jatim
Baca juga: Ketua DPD apresiasi upaya pemerintah pusat entaskan kemiskinan

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023