Kami sangat terbuka dengan partisipasi dari berbagai pihak dari dalam dan luar negeri....
Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Republik Indonesia menjalin sinergi dengan Smart City Innovation Cluster (SCIC) Finlandia untuk mewujudkan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur sebagai kota cerdas dan bahagia.

“Kami sangat terbuka dengan partisipasi dari berbagai pihak dari dalam dan luar negeri. Sekali lagi ini menunjukkan bahwa Nusantara kota global city for all yang menunjukkan bahwa berbagai perusahaan, institusi, dan pemerintahan itu sangat suportif terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara,” ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Mohammed Ali Berawi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

OIKN melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang pengukuran kebahagiaan masyarakat perkotaan dengan SCIC Finlandia.

Baca juga: OIKN: Kearifan lokal penting untuk dipertahankan di Kawasan IKN

Ali mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk mendorong dan mempromosikan Nusantara sebagai kota yang cerdas dan bahagia.

Kerja sama tersebut juga menawarkan solusi untuk mengakselerasi pengembangan kota cerdas melalui kooperasi, dan hal ini sejalan dengan arah pengembangan IKN sebagai kota cerdas dan kota bahagia.

"OIKN mempunyai MoU dengan SCIC dalam mengembangkan, merencanakan dan membangun kota cerdas atau smart city Nusantara,” kata Ali.

Sementara itu, Chief Executive Officer SCIC Pertti Kortejärvi mengungkapkan bahwa kerja sama ini merupakan upaya bersama untuk mengintegrasikan berbagai teknologi sebagai solusi di IKN.

"Kami berkolaborasi sehingga kami mengintegrasikan solusi untuk energi, untuk transfer data, untuk berbagai jenis solusi dalam ruangan, untuk gedung pintar hingga solusi luar ruangan, area pintar hingga kota pintar, dan kemudian konsumsi energi, pengelolaan limbah air, dan ada banyak lagi," kata Pertti.

Baca juga: BUMO IKN dan PT KBS jalin kolaborasi bangun dermaga logistik di IKN

IKN Nusantara adalah Ibu Kota Negara Indonesia di masa depan, yang ditetapkan dan diatur oleh Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022. Terletak di pesisir timur Pulau Kalimantan, dengan luas wilayah Nusantara hampir empat kali Jakarta yaitu kurang lebih 256.142 hektare dan wilayah laut seluas 68.189 hektare.

IKN Nusantara mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, dan berfungsi untuk mempercepat transformasi ekonomi negara.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023