Saat ini masih dikerjakan dan sesuai perintah Pak Jokowi diselesaikan tahun 2024
Kapuas Hulu (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan jalan paralel Kalimantan, terutama ruas Jalan Nanga Erak Kapuas Hulu-Batas Kalimantan Timur selesai pada 2024.

"Saat ini masih dikerjakan dan sesuai perintah Pak Jokowi diselesaikan tahun 2024," kata Basuki Hadimuljono, saat meninjau ruas Jalan Kapuas Hulu Kalbar-Kaltim, di Nanga Erak Kecamatan Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Minggu.

Disampaikan Basuki, program membangun Indonesia dari pinggiran merupakan kebijakan Presiden Joko Widodo agar semua akses infrastruktur terhubung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Dana Infrastruktur IKN tahun 2024 sebesar Rp35,37 triliun

Dikatakan dia, pada Mei 2024 ruas Jalan Nanga Erak-Batas Kaltim tersebut akan diaspal, karena tahun 2024 harus sudah selesai dibangun.

"Beberapa titik sudah diaspal dan Mei 2024 ditargetkan selesai pengaspalan," ucapnya.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan ruas Jalan Nanga Erak-Batas Kaltim tersebut salah satu kebutuhan masyarakat yang sudah sejak lama didambakan masyarakat.

Ruas jalan itu, kata dia, melewati sejumlah desa dan perkampungan penduduk yang berada di daerah terpencil ujung bagian hulu Sungai Kapuas.

Selain itu jalan tersebut juga akan mempermudah akses menuju Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Jalan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat apalagi jika IKN sudah beroperasi tentu mendatangkan dampak positif untuk kemajuan Kabupaten Kapuas Hulu," kata Fransiskus.

Baca juga: Kemenhub-CRIC bahas peluang kerja sama bangun infrastruktur KA di IKN

Dia menyampaikan, perhatian pemerintah pusat membangun infrastruktur di Kapuas Hulu sangat membantu pemerintah daerah karena keterbatasan anggaran di daerah.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengatakan terus mengawal pembangunan di daerah dan atas perhatian pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR RIbanyak pembangunan masuk ke Kalimantan Barat salah satunya di Kabupaten Kapuas Hulu.

Lasarus mengatakan dirinya bersama Menteri PUPR beberapa kali meninjau langsung proses pembangunan ruas Jalan Nanga Erak-Batas Kaltim.

Dia memastikan pembangunan jalan itu akan dituntaskan pada tahun 2024.

"Itu wujud nyata perhatian pemerintah pusat melalui kebijakan Bapak Presiden membangun Indonesia dari pinggiran, bahkan masih banyak program Kementerian PUPR RI yang sudah dirasakan masyarakat di Kalbar, terutama di Kapuas Hulu," kata Lasarus.

Lasarus berharap pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan serta kebutuhan dasar masyarakat dapat berjalan lancar dan mendapatkan dukungan dari masyarakat.

"Kita patut bersyukur banyak perhatian pemerintah pusat untuk pembangunan di daerah kita dan itu mesti kita dukung agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Lasarus.

Baca juga: PUPR prioritaskan penyelesaian infrastruktur dasar SDA IKN pada 2024
 
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketua Komis V DPR RI dan Bupati Kapuas Hulu meninjau pembangunan ruas jalan Nanga Erak Kapuas Hulu Kalbar-Batas Kaltim, di Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Minggu (3/9/2023). ANTARA (Teofilusianto Timotius)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketua Komis V DPR RI dan Bupati Kapuas Hulu meninjau pembangunan ruas jalan Nanga Erak Kapuas Hulu Kalbar-Batas Kaltim, di Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Minggu (3/9/2023). ANTARA (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023