Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta selama sepekan terakhir mulai dari Taman Ismail Marzuki (TIM) telah berubah total setelah direvitalisasi dengan hadirnya wajah baru yang menonjolkan efektivitas ruang, ergonomi, elemen modern, dan ragam fasilitas penunjang.

Kemudian, Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur menemukan seorang bocah laki-laki meninggal diduga karena tenggelam di pintu air Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. DKI wajibkan industri pasang alat pengendali polusi udara
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewajibkan industri pemilik cerobong batu bara untuk memasang alat pengendali polusi udara berupa "scrubber" dan sistem manajemen udara lengkap (complete air management system/CAMS) guna mengurangi polusi udara di Ibu Kota.
 
"Nanti, cerobong batu bara industri itu wajib memasang 'scrubber' ini. Jadi, memang pengetatan terhadap izin itu juga sedang kita lakukan, termasuk itu," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Purwanto saat menghadiri acara Diskusi Publik Quick Response Penanganan Kualitas Udara Jakarta di Jakarta Pusat, Senin.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
2. TIM dengan "wajah baru" dinilai mampu menjawab dinamika ruang publik
 
Taman Ismail Marzuki (TIM) telah berubah total setelah direvitalisasi dengan hadirnya wajah baru yang menonjolkan efektivitas ruang, ergonomi, elemen modern, dan ragam fasilitas penunjang yang dinilai bisa menjawab kebutuhan masyarakat di ruang publik, yakni arena kreatif dan ruang terbuka hijau.
 
Perjalanan revitalisasi dimulai 2019 setelah banyak bagian TIM, termasuk fungsi bangunan tidak beroperasi maksimal. Kemudian Pemprov DKI menyiapkan anggaran Rp1,4 triliun untuk memugar TIM dengan menggandeng Jakarta Propertindo (JakPro).
 
Berita selengkapnya klik di sini

3. Lokasi tilang uji emisi di Jakarta berpindah-pindah setiap pekan
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto mengungkapkan lokasi razia dan tilang bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi berpindah-pindah setiap pekan.
 
"Kami baru tahap awal per seminggu sekali, ke depan berubah lokasinya. Jadi tidak sama lokasi itu-itu saja," kata Asep di Gedung Direktorat Penegakan Hukum (Gakkum) Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
4. Bocah laki-laki tewas tenggelam di pintu air KBT Jakarta Timur
 
Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur menemukan seorang bocah laki-laki bernama Kenzie (11) meninggal diduga karena tenggelam di pintu air Kanal Banjir Timur (KBT) Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu.
 
Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman ketika dikonfirmasi di Jakarta mengatakan pihaknya mendapatkan informasi adanya korban tenggelam sekitar pukul 14.47 WIB.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
5. Heru: TMII jadi destinasi utama pariwisata DKI Jakarta
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yakin Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi destinasi utama pariwisata di Jakarta setelah adanya renovasi sehingga kini hadir dengan wajah baru.
 
“Kami di DKI Jakarta bersyukur dengan diresmikannya renovasi TMII ini," ujar Heru dalam keterangan tertulisnya di Jakarta pada Sabtu.
 
Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023