Jakarta (ANTARA) - Kylian Mbappe mengukir dwigol saat PSG menghantam tuan rumah Olympique Lyon dengan kemenangan 4-1, pada pertandingan Liga Prancis yang berlangsung di Stadion Groupama, Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Tambahan tiga poin membawa PSG naik ke posisi kedua di klasemen sementara dengan koleksi delapan poin, tertinggal dua poin dari pemuncak klasemen AS Monaco. Sedangkan Lyon terbenam di dasar klasemen dengan satu poin, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Pertandingan baru berusia empat menit saat Mbappe membawa PSG membuka keunggulan. Pelanggaran yang dilakukan Corentin Tolisso terhadap pemain internasional Prancis itu di kotak penalti, membuat wasit menunjuk titik putih. Mbappe pun tidak membuang peluang untuk membawa timnya memimpin.

Achraf Hakimi menggandakan keunggulan PSG pada menit ke-20. Diawali umpan silang mendatar Ousmane Dembele, bola kemudian gagal dikuasai dengan sempurna oleh kiper Lyon Anthony Lopes, dan membuat bola yang mengarah ke Hakimi dapat dikonversi menjadi gol oleh pemain Maroko itu.

Baca juga: PSG dikabarkan dapatkan Ousmane Dembele
Baca juga: Hakimi antar Maroko ke perempat final Piala Afrika

Kiper PSG Gianluigi Donnarumma sempat direpotkan oleh upaya-upaya Rayan Cherki dan Tolisso untuk dapat mencetak gol balasan. Namun Hakimi juga sempat memberikan ancaman serius kepada Lyon lewat sepakannya yang membentur mistar gawang.

PSG kemudian kembali mencetak gol pada menit ke-38. Manuel Ugarte mengirimkan bola untuk diselesaikan menjadi gol oleh mantan pemain Real Madrid Marco Asensio.

Asensio berganti peran menjadi pemberi assist saat PSG mengubah skor menjadi 4-0 pada menit ke-47 babak pertama. Umpan terobosan Asensio mampu dimaksimalkan dengan sempurna oleh Mbappe, untuk menjadi gol keduanya di pertandingan ini sekaligus gol kelimanya dalam tiga pertandingan untuk PSG.

Lyon mendapatkan gol hiburan pada menit ke-74. Warren Zaire-Emery kedapatan melanggar Nicolas Tagliafico di kotak terlarang, dan Tolisso yang menjadi eksekutor melakukan tugasnya dengan baik untuk sedikit menghapus noda di wajah kubu Lyon.
 
Kapten PSG Marquinhos sangat senang dengan raihan tiga poin di markas musuh bebuyutan.

"Ini adalah hasil yang hebat. Tidak mudah untuk datang dan menang di sini, terlepas dari apa yang sedang dialami tim lawan," kata Marquinhos seperti dikutip dari AFP.

"Kami belum bermain tepat seperti apa yang diinginkan pelatih, namun kami melakukan kemajuan yang bagus," tambahnya.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Clermont mendulang poin pertama mereka setelah bermain imbang 2-2 di markas Toulouse. Hasil yang mendongkrak Clermont ke posisi ke-16 di klasemen sementara dengan satu poin.

Le Havre, Lille, dan Nice juga mendulang kemenangan atas tamu-tamunya pada Minggu. Le Havre menang 3-0 Lorient, Lille menang tipis 1-0 atas Montpellier, dan Nice menang 2-0 atas Strasbourg.

Baca juga: Olympique Lyon resmi dapatkan eks Arsenal Ainsley Maitland-Niles
Baca juga: Asosiasi Pesepak bola Prancis kritik perlakuan PSG terhadap Mbappe
Baca juga: Pemain PSG Neymar dikabarkan bakal merapat ke Al-Hilal

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023