Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Senin, mengunjungi kantor biro dan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah provinsi setempat untuk berpamitan menjelang purnatugas pada Selasa (5/9).

Usai mengikuti Rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara daring di Semarang, Jawa Tengah, Senin, Ganjar langsung berjalan menuju ke lantai 12 yang ditempati Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah dan Dharma Wanita Pemprov Jateng.

Dalam keterangan yang diterima di Semarang, Jawa Tengah, Senin, salah satu hal menarik perhatian Ganjar dari ruangan tersebut adalah keberadaan mesin ketik dan disket yang masih digunakan.

"Ini masih digunakan, Pak, kalau untuk pengetikan nomor surat, terkadang kami pakai mesin ketik," kata salah seorang aparatur sipil negara (ASN).

Baca juga: Pengamat: Ganjar perlu antisipasi isu kemiskinan

Kemudian,  di lantai 11, Ganjar menemui ASN dari Biro Otonomi Daerah dan Kerja Sama Sekretariat Daerah Provinsi Jateng dan mengejutkan para ASN. Ganjar pun lalu menuju Kantor Biro Kesejahteraan Rakyat di lantai 10, Kantor Biro Organisasi di lantai 9, serta Kantor Biro Infrastruktur dan SDA di lantai 8.

Berikutnya, Ganjar juga menyapa para ASN Biro Perekonomian di lantai 7, Kantor Biro Administrasi Pembangunan Daerah di lantai 6, dan Biro Hukum di lantai 5.

"Ini Sentra Layanan Terpadu, Pak, kami biasanya menerima surat-surat aduan, permintaan bantuan hukum, Pak," kata Anton, seorang staf Biro Hukum.

Baca juga: Gubernur Jateng minta helikopter BNPB tangani kebakaran Gunung Sumbing

Dalam kunjungannya untuk berpamitan itu, Ganjar menitipkan pesan agar para ASN menjaga budaya integritas yang telah terbangun, khususnya untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat Jateng.

"Teman-teman, terima kasih banyak, semua sudah membantu melayani masyarakat. Saya pamit, tetap jaga integritas dan sehat selalu semuanya," kata Ganjar.

Masa jabatan Ganjar Pranowo bersama Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen berakhir pada tanggal 5 September 2023. Presiden Joko Widodo telah menunjuk mantan kapolda Sulawesi Selatan, yang kini menjabat sebagai Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI, Nana Sudjana sebagai penjabat (pj) gubernur Jateng.

Baca juga: Ganjar Pranowo: Jateng harus jadi contoh pemilu damai

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023