Solo (ANTARA) -
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka ingin mengenalkan Solo sebagai pusat budaya yang adaptif dengan era modern melalui pergelaran "Persembahan dari Solo" yang dilaksanakan 17 September mendatang.
 
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Senin, mengatakan acara yang berkolaborasi dengan Pura Mangkunegaran dan Shopee Indonesia tersebut, merupakan bentuk kolaborasi yang menampilkan kreativitas pelaku industri seni dalam menyajikan seni budaya tradisional yang dipadukan dengan budaya pop.
 
Ia mengatakan salah satu artis yang akan tampil dalam acara tersebut, yakni grup Korean Pop Xodiac.

Selain itu, akan ada penampilan Anggun C Sasmi, Fabio Asher, dan EkosDance Company yang dipimpin oleh koreografer asal Solo, Eko Supriyanto.
 
"Nanti juga akan ada fashion show (peragaan busana) yang menampilkan karya-karya lokal, menyajikan ragam desain termasuk batik," katanya.
 
Ia berharap, acara tersebut dapat semakin memperkenalkan Solo sebagai kota budaya yang bisa beradaptasi dan berpadu dengan budaya modern.
 
Menurut dia, alasan diundang artis KPop karena Pemkot Surakarta ingin mengevaluasi diri dan belajar dari Pemerintah Korea Selatan.
 
"Solo tidak punya sumber daya alam, ke depan yang kami dorong anak-anak agar makin kreatif, jadi dari sisi SDM-nya. Seperti Kpop ini, bagaimana pemerintah Korsel menyiapkan FnB, entertainment (hiburan). Yang dulu nggak punya apa-apa sekarang (publik, red.) tertuju ke Korea," katanya.

Baca juga: Banjarmasin adakan pergelaran seni budaya bertaraf internasional
 
Ia mengatakan tentang upaya dilakukan Pemkot Surakarta dalam meramaikan acara hiburan di kota itu.

Selain itu, percepatan pembangunan infrastruktur di sejumlah titik.
 
"Seperti diketahui, dua tahun terakhir event (agenda) di Solo tidak pernah putus, pembangunan tidak pernah putus. Dari 17 prioritas pembangunan di Solo semuanya menonjolkan industri kreatif," katanya.
 
Ketua Panitia Pelaksana "Persembahan dari Solo" Ade Mulya mengatakan akan ada 200 tamu undangan pada ajang tersebut.

Ia mengatakan para tamu undangan yang hadir di antaranya pemerhati industri kreatif, budayawan, dan 100 orang disayembarakan oleh Gibran, yang merupakan masyarakat Solo.
 
"Acara ini dibuat se-intimate (intim) mungkin," katanya.
 
Dipilihnya Xodiac sebagai pengisi acara karena kelompok musik KPop tersebut terkesan dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Oleh karena itu, mereka tertarik untuk manggung di Solo.
 
"Nanti ada sekitar dua atau tiga lagu (dibawakan Xodiac, red.)," katanya.

Baca juga: Kasal: Pergelaran wayang "Pandowo Boyong" upaya lestarikan budaya
Baca juga: Mitra Seni Indonesia berpartisipasi pada pergelaran angklung terbesar

Pewarta: Aris Wasita
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023