Warna kuning menunjukkan tingkat kepercayaan 30-78 persen dan warna merah tingkat kepercayaannya di atas 80 persen
Padang (ANTARA) - Dinas Kehutanan Sumatera Barat mendeteksi lima titik api di perbatasan Kabupaten Pesisir Selatan dengan Provinsi Bengkulu pada Senin (4/9) sore.

"Berdasarkan Sistem Informasi Deteksi Dini Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan yang Berbasis Aplikasi dan Web (SiPongi), ada lima titik api di Pesisir Selatan. Satu terkonfirmasi," kata Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Yozarwardi di Padang, Senin.

Ia menyebut, pada aplikasi SiPongi itu terdapat dua warna yang menandakan adanya titik api. Warna kuning menunjukkan tingkat kepercayaan 30-78 persen dan warna merah tingkat kepercayaannya di atas 80 persen.

Baca juga: Walhi temukan 7.376 titik api di 235 konsesi sawit dan HTI di Kalbar

"Satu titik yang terkonfirmasi itu adalah titik api dengan warna kuning pada SiPongi. Sementara titik yang berwarna merah masih dalam pantauan. Petugas terus memastikan, berkoordinasi dengan masyarakat peduli api di daerah," ujarnya.

Menurutnya, Selasa (5/9) pagi tim yang berada di Pesisir Selatan juga akan memantau langsung ke lapangan untuk memastikan status semua titik api yang terpantau SiPongi.

Namu,n menurut Yozarwardi, titik api yang terdeteksi itu, meskipun semua ternyata memang terjadi kebakaran hutan atau lahan, belum akan memberikan efek terhadap memburuknya kondisi udara, apalagi untuk Sumatera Barat secara umum.

"Belum akan ada pengaruhnya untuk kondisi udara secara umum di Sumbar," ujarnya.

Baca juga: Melonjak, BPBD deteksi 7.735 titik api karhutla di Kalimantan Selatan

Terkait kondisi udara di Kota Padang yang dinilai menurun dalam beberapa hari terakhir, Yozarwardi belum berani memastikan penyebabnya.

"Yang jelas dalam seminggu terakhir, tidak ada titik api yang terpantau menjadi kebakaran di Sumbar. Baru hari ini terkonfirmasi terjadi di Pessel. Itupun belum akan mempengaruhi Sumbar secara umum. Kita juga belum bisa memastikan apakah menurunnya kualitas udara di Padang hari ini berasal dari asap kiriman karhutla provinsi tetangga," katanya.

SiPongi yang dikembangkan Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK merupakan rujukan utama informasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia.

Informasi Sipongi menjadi dasar untuk mencegah terjadinya karhutla melalui deteksi dini hotspot/titik panas, serta menjadi sumber informasi paling valid untuk ditindaklanjuti.

Baca juga: BPBD sebut 4.345 titik api karhutla terdeteksi di Kalsel

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023