"Pengakuan secara nasional secara unggul itu tidak gampang, tentunya tetap akan menjaga mutu dan kualitas,"
Jakarta (ANTARA) - Nana Halim menjadi doktor ke-230 yang lulus pada Program Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Pakuan di Bogor, Prrovinsi Jawa Barat.

Nana meraih gelar doktor setelah berhasil mempertahankan disertasi berjudul peningkatan citra organisasi dan loyalitas pelanggan melalui penguatan kepuasan pelanggan, kualitas layanan dan program pelatihan, saat Sidang Promosi Doktor di Kampus Universitas Pakuan, Bogor, Senin.

Rektor Universitas Pakuan Profesor Didik Notosudjono mengatakan kampusnya merupakan universitas swasta, yang memiliki program studi unggul pertama kali untuk Program Doktor Manajemen Pendidikan.

"Pengakuan secara nasional secara unggul itu tidak gampang, tentunya tetap akan menjaga mutu dan kualitas," katanya.

Selain itu, pihaknya mengoptimalkan sistem pembelajaran secara hybrid atau perpaduan antara dalam jaringan (daring) dan di luar jaringan/tatap muka (luring).

"Mahasiswa yang mengenyam pendidikan berasal dari seluruh Indonesia," ujarnya.

Dia menegaskan Universitas Pakuan memaksimalkan para mahasiswa pascasarjana, dalam menyelesaikan pendidikan mereka, tanpa meninggalkan pekerjaan utamanya

"Kalau fokus pada pendidikan, paling cepat selesai 2 tahun dan 7 bulan," katanya menegaskan.

Nana Halim saat ini sebagai Kepala Bagian Tata Usaha pada Kantor Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bidang Bisnis dan Pariwisata (Bispar) Ditjen Vokasi Kemendikbudristek.

Sidang Promosi Doktor dipimpin oleh Rektor Universitas Pakuan Prof. Dr. Pol. Ir. H. Didik Notosudjono, M.Sc bersama Sekretaris Sidang yang juga Dekan Sekolah Pascasarjan Universitas Pakuan Prof. Dr. H Soewarto Hardhienata.

Adapun anggota penguji adalah Prof. Dr. Dwi Suhartanto (Guru Besar Politeknik Negeri Bandung), Prof. Dr. H Thamrin Abdullah, MM, M.Pd (Dosen Sekolah Pascasarjana Universitas), Prof. Dr, Hj. Sri Setyaningsih, M.Si (Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan), dan Dr. Widodo Sunaryo, S.Psi, MBA (Dosen Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan). Selanjutnya, Komisi Promotor adalah Prof. Dr. H Thamrin Abdullah (Guru Besar Universitas Pakuan) dan Dr. Widodo Sunaryo (Dosen Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan).

“Kami menyatakan Nana Halim telah lulus dengan hasil sangat memuaskan dengan nilai IPK 3,76,” kata Profesor Didik.

Sementara itu Nana Halim menjelaskan latar belakang penelitian disertasinya dengan lokus di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV) Bisnis dan Pariwisata sebagai instansi pemerintah.

Kata dia, misi dari penelitian itu untuk meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan di bidang bisnis dan pariwisata, dengan pengetahuan dan keterampilan kejuruan dan entreneurship.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif langsung layanan terhadap citra organisasi, sehingga penguatan kualitas layanan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Hasil itu didapatkan dari 12 hipotetis penelitian.

Kesimpulan penelitian kata Nana, telah berhasil menemukan cara dan strategi untuk meningkatkan citra organisasi dan loyalitas dan loyalitas pelanggan melalui identifikasi terhadap kekuatan hubungan antar variabel-variabel penelitian.

Pewarta: Fauzi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023