Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menyelenggarakan acara perayaan ulang tahun ketiga implementasi AKHLAK di Menara BRILiaN, Jakarta Selatan pada Senin.
 
Dengan mengusung tema "AKHLAK Untuk Indonesia", acara itu diadakan sebagai komitmen Kementerian BUMN dan perusahaan BUMN untuk memperkuat dan memperluas penerapan nilai-nilai AKHLAK (amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif) di lingkungan Grup BUMN.
 
"AKHLAK lebih dari sebatas slogan, namun harus tertanam di keseharian secara konsisten, baik dalam pekerjaan maupun dalam lingkup yang lebih luas,” kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara tersebut.
 
Dia berharap penerapan nilai AKHLAK dapat memfasilitasi transformasi sumber daya manusia di BUMN untuk meningkatkan daya saing BUMN dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat luas
 
Sebagai informasi, nilai-nilai AKHLAK, yang diperkenalkan Erick Thohir, resmi menjadi nilai inti BUMN sejak 1 Juli 2020 melalui Surat Edaran Menteri BUMN Nomor SE 7/MBU/07/2020 tentang Nilai-Nilai Utama (Core Values) SDM BUMN.
 
Proses implementasi nilai-nilai AKHLAK dimulai dari tahap kesadaran dan pemahaman, yang melibatkan berbagai kegiatan untuk membangun pemahaman SDM BUMN terhadap perubahan perilaku dan budaya.
 
Setelah itu, dilakukan tahap intervensi dimana BUMN melakukan upaya perubahan perilaku dan budaya AKHLAK secara terencana.

Saat ini, penerapan AKHLAK memasuki tahap penerimaan dimana seluruh sumber daya manusia BUMN mendukung perubahan perilaku dan budaya AKHLAK.
 
"AKHLAK harus menjadi dorongan utama revolusi mental, sehingga perubahan kultur dan transformasi ekosistem bisnis dapat membawa Indonesia lebih maju," pesan Erick.
 
Dia menambahkan transformasi nilai secara berkelanjutan ini perlu terus dijaga dan menjadi pondasi dalam mendukung tercapainya cetak biru BUMN 2024-2034.
 
Ketua Umum FHCI Alexandra Askandar, yang juga hadir di acara perayaan ulang tahun ketiga AKHLAK, menyampaikan bahwa secara garis besar implementasi AKHLAK telah mengalami perkembangan pesat sejak Juni hingga Agustus 2023.
 
Diawali dengan pelaksanaan Townhall Meeting oleh Direktur Utama BUMN kepada seluruh insan BUMN dan dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan Relawan Bakti BUMN Batch IV yang juga merupakan salah satu keikutsertaan dalam program AKHLAK Culture Festival di 10 titik lokasi yang tersebar seluruh Indonesia.
 
Selain itu, ke depannya Sharing Session AKHLAK Series akan terus dilanjutkan secara rutin dengan berbagai topik menarik dan relevan lainnya untuk seluruh pegawai di lingkungan BUMN.
 
Alexandra berharap nilai-nilai AKHLAK dapat terimplementasi bagi seluruh insan Grup BUMN serta meningkatkan produktivitas dan kinerja yang berkelanjutan bagi seluruh perusahaan BUMN.
 
Selain Erick Thohir, perayaan tiga tahun implementasi AKHLAK turut dihadiri Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani, Deputi SDM & TI Kementerian BUMN Tedi Bharata, jajaran Direksi BUMN, perwakilan insan BUMN, serta pengurus FHCI.
Baca juga: Kementerian BUMN luncurkan buku panduan AKHLAK Culture Journey
Baca juga: Wapres harap AKHLAK BUMN jadi pelopor tumbuhnya ekosistem moral bangsa
Baca juga: Erick Thohir: Nilai AKHLAK penting untuk diterapkan anak muda Gen Z
Baca juga: ANTARA luncurkan AKHLAK sebagai nilai utama budaya perusahaan

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023