Jakarta (ANTARA) - Ada beragam informasi aktual mewarnai pemberitaan terpopuler kanal humaniora Antaranews.com sepanjang Senin kemarin (4/9).
 
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan tenggat waktu penyelesaian kewajiban sertifikat halal seluruh produk di Indonesia hanya tersisa kurang dari setahun.
 
Keberhasilan penerapan sistem jaminan produk halal yang mempertahankan nilai kehalalan sesuai standar ditentukan oleh peran Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).
 
Selain itu, kasus kematian akibat gigi berlubang yang dipicu descending necrotizing mediastinitis (DNM) juga menarik dibaca untuk meningkatkan wawasan pagi ini.

Masyarakat diimbau untuk tidak khawatir yang berlebihan, namun tetap waspada karena penyakit itu sangat jarang terjadi.
 
Berikut rangkuman pemberitaan terpopuler selengkapnya:
 
1. LPH tentukan keberhasilan sistem jaminan produk halal
 
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa peran Lembaga Pemeriksa Halal menentukan keberhasilan penerapan sistem jaminan produk halal di Tanah Air.
 
Menurut dia, sekitar 75 persen produk halal Indonesia yang bersertifikat merupakan hasil audit dari LPPOM MUI.
 
 
2. Solo pusat budaya yang adaptif
 
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka ingin mengenalkan Solo sebagai pusat budaya yang adaptif dengan era modern melalui pergelaran "Persembahan dari Solo" yang dilaksanakan 17 September mendatang.
 
 
 
3. Pelepasan 141 pekerja Indonesia ke Korea Selatan
 
Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melepas 141 orang pekerja Indonesia yang hendak diberangkatkan ke Korea Selatan untuk bekerja di sektor usaha perikanan dan manufaktur.
 
Kepala BP2MI Benny Ramdhani berpesan agar pekerja dapat memanfaatkan layanan pengaduan tenaga kerja jika mengalami masalah di tempat kerja.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: BP2MI melepas 141 pekerja Indonesia ke Korea Selatan
 
4. Kematian akibat gigi berlubang
 
Anggota Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia Paulus Januar mengemukakan descending necrotizing mediastinitis (DNM) bisa menjadi salah satu faktor pemicu kematian pada kasus gigi berlubang.
 
Penyakit tersebut merupakan infeksi yang disebabkan bakteri Streptokokus dan Staphilokokus yang menjalar ke daerah mediastinum atau ruang di antara organ paru-paru.
 
 
 
5. Sungai Citarum di Karawang tercemar mikroplastik
 
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan banyak tumpahan berbagai mikroplastik telah mencemari Sungai Citarum bagian tengah yang terletak di Karawang, Provinsi Jawa Barat.
 
Mikroplastik berupa pelet, film, fiber, dan fragmen dengan kelimpahan di air sebesar 102 partikel per meter kubik dan kelimpahan di sedimen sebanyak 602 partikel per kilogram.
 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023