Korea Selatan dan Australia merupakan penghasil polusi terburuk pada tahun 2022....
Singapura (ANTARA) - Negara-negara Kelompok 20 (G20) telah meningkatkan emisi per kapita hampir 7,0 persen dari pembangkit listrik tenaga batu bara sejak tahun 2015, dengan China dan India menambah pembangkit listrik baru, dan jumlah CO2 per kapita Australia hampir tiga kali lebih tinggi dibandingkan rata-rata dunia, penelitian menunjukkan pada Selasa.

Saat blok tersebut berkumpul untuk pertemuan puncak di India minggu ini, sebanyak tujuh anggota G20–China, Brasil, India, Jepang, Korea Selatan, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat–belum menyusun rencana untuk mengurangi penggunaan batu bara secara bertahap, menurut kelompok lingkungan hidup Ember, yang berfokus pada transisi global menuju listrik ramah lingkungan.

Negara-negara G20 menyumbang 80 persen emisi sektor ketenagalistrikan dunia, dengan CO2 per kapita dari pembangkit listrik tenaga batu bara sebesar 1,6 ton pada tahun lalu, naik dari 1,5 ton pada tahun 2015 dan secara signifikan lebih tinggi dari rata-rata global sebesar 1,1 ton, kata Ember.

China, konsumen batu bara terbesar di dunia dan sumber CO2 terbesar, mengalami emisi per kapita mencapai 3,1 ton pada tahun 2022, naik 30 persen dari tahun 2015 meskipun ada penambahan kapasitas energi terbarukan sebesar 670 gigawatt (GW) selama periode tersebut.

Beijing telah berjanji untuk mulai mengurangi konsumsi batu bara, namun hal ini tidak akan terjadi hingga periode perencanaan tahun 2026-2030. China terus mengembangkan pembangkit listrik tenaga batu bara baru, dengan 243 GW pembangkit listrik tenaga batu bara disetujui atau sedang dibangun, cukup untuk memberi listrik pada seluruh Jerman, menurut sebuah penelitian baru-baru ini.

India juga mengalami peningkatan emisi per kapita dari sektor batu bara sebesar 29 persen selama periode tersebut menjadi 0,8 ton.

“China dan India sering disalahkan sebagai penghasil polusi terbesar di dunia yang berasal dari pembangkit listrik tenaga batu bara. Namun jika kita memperhitungkan populasinya, Korea Selatan dan Australia merupakan penghasil polusi terburuk pada tahun 2022,” kata Dave Jones, salah satu penulis laporan Ember.

Australia telah mengurangi emisi per kapita dari batu bara sebanyak lebih dari seperempat sejak tahun 2015, namun masih tetap pada angka lebih dari 4 ton per kepala. Emisi Korea Selatan telah turun hampir 10 persen menjadi 3,3 ton per kepala, tertinggi kedua di G20.

“Sebagai negara dengan perekonomian yang sudah maju, mereka harus meningkatkan penggunaan listrik terbarukan secara ambisius dan penuh percaya diri agar penggunaan batu bara dapat dihapuskan pada tahun 2030,” katanya lagi.

Pada KTT G20 terakhir pada Juli, negara-negara gagal mencapai kesepakatan untuk meningkatkan komitmen perubahan iklim mereka, dan beberapa pihak menyalahkan China karena menghalangi kesepakatan tersebut.
Baca juga: Studi: Emisi karbon dari kebakaran hutan Kanada lampaui 1 miliar ton
Baca juga: Uni Emirat Arab berkomitmen penuhi target emisi setelah dikritik

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023