Kami berharap bantuan ini dapat juga membantu UMKM yang ada di sana beranjak ke digital.
Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu mengapresiasi PT PLN (Persero) menjadikan Pulau Lepar, Kabupaten Bangka Selatan sebagai pulau 100 persen Iconnet, untuk meningkatkan sumber daya manusia dan ekonomi warga pulau tersebut.

"Kami mendukung Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) Pulau Lepar 100 persen Iconnet," kata Suganda Pandapotan Pasaribu saat menerima kunjungan Direktur Bisnis Konektivitas PLN Icon Plus Sigit Witjaksono, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat desa, dirinya juga memiliki Program Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung (Gule Kabung).

"Kami bersama-sama baik itu forkopimda, kepala perangkat daerah, BUMN, dan lainnya itu bersama-sama berkolaborasi ke desa-desa untuk melihat sendiri keadaan di desa dan langsung ditangani," katanya pula.

Minsalnya, kata dia lagi, ada desa yang ternyata daerahnya belum teraliri listrik, maka PLN langsung dengan sigap menindaklanjutinya dan desa tersebut sudah terang benderang.

"Hari ini saya tidak bisa hadir dalam penetapan Pulau Lepar sebagai pulau 100 persen Iconnet ini, karena bersamaan dengan Program Gule Kabung di Desa Tukak Sadai Bangka Selatan," katanya lagi.

Direktur Bisnis Konektivitas PLN Icon Plus Sigit Witjaksono mengatakan peresmian kegiatan TJSL Pulau 100 persen Iconnet dilaksanakan di Pulau Lepar, Kabupaten Bangka Selatan pada Selasa ini.

"Agenda kami di Pulau Lepar itu, pertama, meresmikan infrastruktur yang bisa dinikmati oleh masyarakat, berupa perangkat yang bisa dipakai 1.000 keluarga. Kedua, kami memberikan bantuan kepada 9 sekolah berupa internet gratis selama satu tahun," katanya pula.

Ia menyatakan agar bantuan internet gratis tersebut bermanfaat, maka PLN pun memberikan dua perangkat laptop ke masing-masing sekolah. PLN juga menyediakan wifi gratis untuk masyarakat.

"Kami berharap bantuan ini dapat juga membantu UMKM yang ada di sana beranjak ke digital, yang mana outputnya bisa bergabung jadi bagian PLN Mobile," kata dia lagi.
Baca juga: Angka penetrasi internet Iconnet capai 350 ribu pelanggan
Baca juga: Iconnet targetkan peningkatan pelanggan di 2023

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023