Jakarta (ANTARA) - Para kepala negara/pemerintahan negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tiba di Balai Sidang Jakarta (JCC) untuk menghadiri KTT ke-43 ASEAN pada Selasa.

Presiden RI Joko Widodo menyambut para mitranya dari negara-negara sahabat, antara lain Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, dan Perdana Menteri Kamboja Hun Manet.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga menyambut Ketua Forum Kepulauan Pasifik (PIF), Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown, dan Ketua Asosiasi Pesisir Samudera Hindia (IORA), Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin.

Sebelumnya, PIF dan IORA menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan ASEAN di Jakarta, Senin (4/9).

Selain para pemimpin negara anggota ASEAN, beberapa kepala negara/pemerintahan negara mitra ASEAN yang tiba di Jakarta, antara lain Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Ada pun kegiatan rangkaian KTT ke-43 ASEAN pada Selasa, 5 September 2023, antara lain Sesi Pleno KTT ke-43 ASEAN dan Sesi Retreat KTT ke-43 ASEAN.

Sebelumnya Indonesia telah menyelenggarakan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada Mei 2023. Rangkaian KTT ke-43 ASEAN diselenggarakan pada 4-7 September 2023 dan Indonesia selama masa keketuaannya di ASEAN tahun ini mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

Visi Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 mengarah kepada kemampuan pembangunan ASEAN yang berketahanan, adaptif, dan inklusif, serta berperan sentral dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Baca juga: Anwar Ibrahim hingga Xanana Gusmao tiba di Jakarta hadiri KTT ASEAN

Baca juga: Menlu RI sebut norma dan nilai ASEAN makin dirangkul banyak negara


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023