Jakarta (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta meluncurkan layanan kesehatan (rail clinic) dan perpustakaan (rail library) gratis di kereta yang melayani masyarakat di sekitar Stasiun Daru, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Selasa.
 
"Rail clinic dan rail library ini pertama kali ada di Daop 1 Jakarta pascapandemi, karena Stasiun Daru jauh dari Jakarta jadi kita pilih untuk menjangkau layanan kesehatan di sini, kereta klinik juga biasa kita terjunkan di daerah yang sulit dijangkau kendaraan pribadi atau kendaraan umum lainnya," kata Deputi Bidang Pelayanan dan Komersial Daerah Operasional 1 Ali Affandi di Tangerang, Banten.
 
Adapun layanan kesehatan yang diberikan oleh KAI ini bekerja sama dengan satuan kesehatan dari Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, juga pihak Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang.
 
"Ini adalah salah satu program dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memberikan pelayanan pengobatan dan juga mendukung pembangunan program berkelanjutan yang memberikan efek atau dampak sosial, ekonomi, lingkungan dan kesehatan kepada masyarakat, utamanya di lingkungan stasiun yang dikelola oleh PT KAI DAOP 1 Jakarta," ujar Affandi.
Stasiun Daru dipilih sebagai stasiun yang memberikan layanan kesehatan dan perpustakaan mengingat lokasinya yang strategis, dengan pengembangan yang bagus, yang juga disertai munculnya pemukiman-pemukiman baru.
 
"Maka dari itu Stasiun Daru kita pilih, karena jauh juga dari DAOP 1 Jakarta, kami memilih daerah-daerah yang sulit dijangkau layanan kesehatan, dan stasiun Daru inilah yang paling strategis," lanjut Affandi.
Warga mendapatkan layanan kesehatan di rail clinic Stasiun Daru, Kabupaten Tangerang pada Selasa (5/9/2023). (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)
Rail clinic dan rail library beroperasi  pada Selasa sejak pagi hari hingga pukul 15.00 WIB, dengan 13 layanan yang menekankan layanan utama kesehatan pada empat bidang, yakni laboratorium mini yang melayani pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan tekanan darah, layanan kandungan, klinik gigi, layanan umum, dan pengobatan mata.
 
Semua layanan yang diberikan, baik rail clinic maupun rail library bisa diakses gratis. Masyarakat cukup melakukan pendaftaran di lokasi dengan menunjukkan Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).
 
"Ini salah satu langkah mengajak masyarakat untuk mencintai dan menggunakan transportasi umum, utamanya pada anak-anak kita, untuk memberi edukasi agar transportasi umum di Indonesia bisa lebih baik ke depannya," ucap Affandi.
 
Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut menjaga aset yang ada di sekitar stasiun dan kereta karena merupakan aset bersama, misalnya dengan tidak melempari kereta yang berjalan dengan batu atau benda tajam lain, juga tidak melintas tanpa izin di area-area yang terlarang.

Sebelumnya, kereta klinik juga pernah hadir melayani masyarakat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang terkena dampak gempa bumi pada November 2022 dan lokasinya sulit dijangkau dengan kendaraan seperti mobil atau transportasi darat lainnya.

Baca juga: PT KAI berencana tambah kereta klinik

Baca juga: PT KAI memberikan pelayanan kesehatan dan edukasi gratis di Sukabumi

 

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023