Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) meningkatkan kapasitas saluran dan membuat konstruksi pintu air untuk mengatur aliran debit air di kawasan Tanjung Barat, Jagakarsa.
 
"Di Kawasan Tanjung Barat ini tengah dilakukan pembangunan saluran baru, pembuatan kolam, peningkatan kapasitas saluran eksisting dan pemasangan pintu air di saluran tepi Jalan TB Simatupang sebanyak dua unit," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Hendri di Jakarta, Selasa.
 
Peningkatan kapasitas saluran air ini dilakukan untuk dapat menampung sementara genangan yang kerap muncul di Jalan Saidi dan Jalan Nangka I.
 
Pembangunan saluran baru itu dilakukan mulai dari Lenteng Agung sampai depan Perumahan Tanjung Mas Raya. Untuk pekerjaannya dilakukan pada 31 Juli-15 Desember 2023.
 
Selain itu, pembuatan kolam (storage) di bawah jalan juga dilakukan di depan area perbelanjaan dan peningkatan kapasitas saluran eksisting dilakukan di Jalan Nangka Raya sampai Jembatan Saluran PHB Tanjung Barat Mas.
 
"Bagi masyarakat pengguna jalan diimbau untuk berhati-hati dan mencari alternatif jalan lain untuk menghindari kemacetan," kata Hendri.
 
Menurut dia, pengerjaan saluran air ini penting untuk meminimalkan dampak genangan atau banjir saat musim hujan.

"Sehingga diharapkan dukungan dari masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan," katanya.
Baca juga: Pemkot antisipasi banjir di Tanjung Duren dengan kolam penampung air
Baca juga: Warga bersama aparat Tanjung Barat kerja bakti bersihkan lumpur

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023