Kita mendukung penuh bersama Kementerian Luar Negeri dan Pemprov DKI dan akan membuka 10 booth yang menampilkan desa-desa wisata, produk UMKM, dan pameran ekraf digital yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I (Asia Pasifik), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Wisnu Sindhutrisno mengatakan, pihaknya ikut menyukseskan kegiatan berbasis komunitas "CelebrASEAN 2023: ASEAN and Creative Economy Week" yang digelar pada 6-9 September 2023.

“Kita mendukung penuh bersama Kementerian Luar Negeri dan Pemprov DKI dan akan membuka 10 booth yang menampilkan desa-desa wisata, produk UMKM, dan pameran ekraf digital yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat,” ujar Wisnu dalam keterangan resmi  di Jakarta, Selasa.

Salah satu kegiatan yang memeriahkan KTT ASEAN ke-43 yang digelar di kawasan stasiun MRT, Jakarta ini diharapkan bisa membawa pesan yang kuat bagi komunitas ASEAN untuk mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat ASEAN dan menegaskan legalisasi Jakarta sebagai Ibu Kota ekonomi kreatif.

Sementara itu, Staf khusus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia William Sabandar menjelaskan jalur MRT yang digunakan sebagai ruang pameran dapat menarik warga Jakarta untuk turut menyukseskan perhelatan internasional ini.

Direktur Utama PT MRT Tuhiyat juga menjelaskan, transportasi MRT merupakan pendukung mobilitas orang dari poin ke poin, dirinya pun mengajak publik untuk beralih ke transportasi publik.

Selain itu, MRT juga menjadi pusat aktivitas publik, salah satunya adalah taman literasi kemudian jembatan penyeberangan multiguna yang juga menjadi destinasi wisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun mengapresiasi kegiatan pekan ekonomi kreatif ini yang turut memeriahkan KTT ASEAN.

“Ini keren banget karena logonya sendiri Celebration for ASEAN: Creative Economy Week, menjadi sebuah kegiatan yang bagus dalam mendukung salah satu tema gelaran KTT ASEAN ke-43, ekonomi kreatif," katanya.

Baca juga: Menparekraf: Kurikulum ASEAN MRA-TP tingkatkan kualitas SDM

Baca juga: Menparekraf: Famtrip bantu operator wisata ASEAN mengenal Indonesia


 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023