Jakarta (ANTARA/JACX) – Selebgram Oklin Fia menjadi perbincangan di media sosial karena membuat konten makan es krim yang dinilai tidak senonoh.

Dilansir dari Instagram @oklinfia, Senin (4/9/2023), Oklin tampak mengenakan tunik putih dan hijab cokelat bersama dengan pengacaranya, Budiansyah SH SE MH, dan Wasekjen Badan Hukum MUI, Ikhsan Abdullah, secara langsung mengucapkan permintaan maafnya atas konten yang viral beberapa waktu lalu.

Namun ramai di media sosial seperti Twitter menyatakan bahwa Oklin Fia akan diangkat oleh MUI untuk jadi Duta MUI karena dianggap menginspirasi anak muda.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

Wkwk duta MUI kelakuan nya nggilani

Oklin Fia Dikabarkan Bakal Jadi Duta MUI Pasca Buat Konten Tak Senonoh

Oklin Fia akan diangkat menjadi Duta MUI oleh Majelis Ulama Indonesia.”

Namun, benarkah Oklin Fia akan diangkat menjadi Duta MUI?

 

Unggahan hoaks yang menarasikan MUI mengangkat Oklin Fia menjadi Duta MUI. Faktanya, MUI menyatakan unggahan tersebut merupakan hoaks. (Twitter)
Penjelasan:

ANTARA mengkonfirmasi kepada Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat bidang Fatwa periode 2020 -2025, KH Dr Asrorun Ni'am Sholeh, yang menyatakan bahwa informasi tersebut merupakan hoaks.

Ia juga menjelaskan bahwasanya MUI juga tidak ada rencana untuk mengangkat Oklin Fia menjadi duta apapun. Selain itu, MUI juga tidak dalam kapasitas untuk mengangkat duta.

“MUI menghargai orang yang sadar akan kesalahan yang dilakukan, menyesalinya dan berkomitmen untuk tidak mengulangi. Tapi MUI tidak berpretensi untuk bersikap berlebihan,” kata Ni’am kepada ANTARA.

MUI juga mengkonfirmasi di Instagram resminya menyatakan bahwa pengangkatan Oklin Fia menjadi Duta MUI merupakan hoaks.

Dengan demikian, MUI mengangkat Oklin Fia menjadi Duta MUI merupakan hoaks.

Klaim: Oklin Fia diangkat jadi Duta MUI

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Kemenag keluarkan surat percepatan pelaksanaan haji 2023

Cek fakta: Kemenag: Informasi soal percepatan pelaksanaan haji adalah hoaks

Baca juga: Umi Pipik laporkan Oklin Fia terkait konten kesusilaan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023