Palembang (ANTARA) - Forum Digital (Fordigi) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengajak mahasiswa untuk menjadi talenta digital agar memenuhi kebutuhan talenta digital di Indonesia.

Ketua Umum Fordigi BUMN Muhamad Fajrin Rasyid saat menghadiri kegiatan Fordigi Goes to Campus di Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Senin, mengatakan Indonesia diproyeksikan membutuhkan setidaknya sembilan juta talenta digital dalam 15 tahun atau kurang lebih membutuhkan sekitar 600.000 talenta digital per tahunnya.

Sebab, kebutuhan sumber daya manusia (SDM) atau talenta digital semakin besar seiring dengan perkembangan teknologi informasi di Indonesia.

Maka dari itu, pihaknya menginisiasi program Fordigi Goes to Campus di 10 Kota Indonesia, dengan tujuan mendorong para mahasiswa agar dapat mengoptimalisasi pemanfaatan fasilitas digital dalam menghadirkan berbagai pembaruan bagi lingkungan di sekitarnya, serta mampu memahami aspek digitalisasi dalam proses bisnis dalam memanfaatkan kekayaan ekosistem bisnis digital.

"Dengan begitu program ini dapat membantu para mahasiswa meningkatkan kemampuan untuk menjadi talenta digital, sehingga dapat memenuhi kebutuhan talenta digital di Indonesia," kata Fajrin.

Sementara itu, Ketua Bidang IV Fordigi Beatrix Santi Anugrah menambahkan berdasarkan data dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bahwas pada tahun 2025, ekonomi digital mengalami pertumbuhan sebesar 20 persen.

"Hal ini memang harus segera dipenuhi dengan kesiapan dari pada talenta-talenta digital," katanya.

Selain itu, program Fordigi Goes to Campus Palembang mengusung tema 'Welcome E-World', dan itu memiliki empat kegiatan, yaitu seminar hybrid, hackaton, call for paper UU Pelindungan Data Pribadi (PDP), serta Autonomous Vehicle and Safety: The Future of Mobility dari Jasa Raharja.

Fordigi, sebelumnya dikenal dengan nama Forti BUMN (Forum Teknologi Informasi BUMN) dan terbentuk pada tahun 2011, adalah mitra Kementerian BUMN dalam mengembangkan ekosistem dan talenta digital berstandar global di BUMN.

Fordigi didukung oleh Kementerian BUMN untuk mengkoordinasi dan menyelenggarakan Program Digital Talent BUMN.

Baca juga: BUMN gelar Fordigi Goes to Campus di Unhas
Baca juga: Fordigi BUMN ajak mahasiswa ambil peran sebagai talenta digital
Baca juga: Peruri raih peringkat pertama transformasi digital Anugerah BUMN 2023

 

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023