Makassar (ANTARA) - Forum Digital BUMN (Fordigi) sebagai mitra Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melangsungkan program Fordigi Goes to Campus di Unhas Makassar, Selasa, guna mendorong pertumbuhan talenta digital.

Ketua Bidang IV Fordigi, Beatrix Santi Anugrah menyampaikan kegiatan Fordigi Goes to Campus bertujuan untuk melakukan akselerasi transformasi digital untuk mengubah Indonesia semakin modern dan mampu menghadapi tantangan.

“Membentuk ekosistem digital tidak mudah. Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong pertumbuhan talenta digital untuk transformasi digital,” ujarnya.

Selain Beatrix Santi, kegiatan ini juga dihadiri Deputi Bidang Manajemen SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, Direktur PT Jasa Raharja, Munadi Herlambang, beserta sejumlah pejabat BUMN lainnya.

Baca juga: Fordigi BUMN ajak mahasiswa ambil peran sebagai talenta digital

Baca juga: Peruri raih peringkat pertama transformasi digital Anugerah BUMN 2023


Ia menjelaskan, Makassar adalah kota keempat yang datangi Fordigi setelah Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Total ada sepuluh kota yang akan disambangi untuk kegiatan Fordigi Goes to Campus.

Pada penyelenggaraan kali ini, Fordigi Goes to Campus mengangkat tema “Unlock Growth Using Combined Principle of Insight, Identity and Innovation”.

Senada dengan Beatrix, Deputi Bidang Manajemen SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata juga menekankan pentingnya kehadiran talenta digital dalam era transformasi digital saat ini.

“Kebutuhan talenta digital menjadi kunci, itu menjadi kebutuhan secara nasional. Teknologi atau inovasi digital itu penting, kita harus fokus untuk transformasi dengan prinsip kolaborasi. Growth mindset harus ada,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg M Ruslin, MKes SpBM(K), dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh jajaran BUMN yang bertandang ke Unhas.

“Kami yakin kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk menjalin hubungan kerja sama antara perguruan tinggi dan industri,” ujarnya.

Lebih jauh Prof Ruslin menjelaskan Unhas saat ini mulai merombak tata kelola kampus untuk beradaptasi dan menyambut era digitalisasi. Salah satu terobosan Unhas adalah memberlakukan ijazah bertanda tangan digital.

Setelah sambutan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan panel diskusi yang menghadirkan Kepala Divisi Kelembagaan & Strategi Korporasi Jasa Raharja, Radito Risangadi, IT Division Head PT Taspen, Henrisa Yunan Lubis dan IT Expert yang merupakan dosen Unhas, Prof Indrabayu.*

Baca juga: Direktur Indonesia Re resmikan peluncuran Fordigi BUMN Goes To Campus

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023