Kami di DPRD akan mengawal sehingga perda haji di Sulut bisa terbentuk
Manado (ANTARA) - Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus mengawal pembentukan peraturan daerah (perda) mengenai haji di daerah tersebut.

"Kami di DPRD akan mengawal sehingga perda haji di Sulut bisa terbentuk," kata anggota DPRD Sulut, H Amir Liputo, di Manado, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya mengapresiasi Kepala Kanwil Kemenag Sulut H Sarbin Sehe yang menggagas terbentuknya Peraturan Daerah (Perda) terkait Standarisasi Biaya Lokal Penyelenggaraan Ibadah Haji. Hal ini, kata dia, merupakan bagian dari tugasnya dalam proyek perubahan sebagai "project leader" pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II Angkatan XVI Tahun 2023.

Amir Liputo mengaku sangat mendukung proyek perubahan yang tengah dijalankan oleh Kakanwil Kemenag Sulut. Sebab, sudah sejak lama perda terkait biaya lokal haji ini direncanakan, dan dengan adanya inisiatif tersebut maka akan menjadi langkah awal lahirnya perda tersebut.

"Produk ini sudah lama diimpikan oleh kita semua, maka dengan izin dan pertolongan Allah subhanahu wa ta' ala (SWT)  pasti akan terwujud Perda yang kita impikan bersama," katanya.

Menurut dia perda ini sangat penting  karena berhubungan dengan kepentingan banyak orang dan  manfaatnya besar.

Ia i juga mengajak untuk bersama-sama mewujudkan perda tersebut, khususnya kepada pihak-pihak yang terkait untuk segera mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. "Mudah-mudahan Perda ini akan jadi tonggak sejarah, diinisiasi oleh Kakanwil dan semua yang ada disini, hal ini tercatat dalam sejarah melahirkan Perda yang sudah lama kita impikan," kata Amir Liputo.

Menurut Kakanwil Kemenag Sulut H Sarbin Sehe dengan adanya perda terkait biaya lokal haji akan sangat membantu para jamaah haji Sulut.

"Dengan adanya tali kasih sebagai wujud nyata perhatian dan kepedulian pemerintah kepada saudara-saudara kita yang melaksanakan haji, kami sangat mengapresiasi dan ini kemudian yang menjadi bagian dari latar belakang dari proyek perubahan yang kami tawarkan," demikian Sarbin Sehe.
​​​​​​​
Baca juga: Sulut mendapat tambahan 61 calon Haji 1444 H

Baca juga: Kemenag: PPIH sebaiknya tingkatkan koordinasi pendamping calon haji Sulut

Baca juga: Kemenag Sulut-KBIHU tingkatkan pelayanan haji

Baca juga: Calon haji Minahasa diberikan pembinaan Program Manasik Sepanjang Tahun


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023