Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah Sulawesi Utara (Sulut).

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca hingga 8 September 2023 mendatang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Selasa.

Dia berharap warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang.

Baca juga: BMKG perkirakan wilayah Sulut masih dilanda cuaca ekstrem

"Kami berharap warga berhati-hati, waspada terhadap potensi bencana banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang," kata Ben.

Dia mengatakan, pada tanggal 6 September wilayah-wilayah yang berpeluang dilanda cuaca ekstrem yaitu Kota Manado dan Tomohon serta Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, dan Bolaang Mongondow.

Baca juga: BMKG minta warga Sulut mewaspadai potensi cuaca ekstrem

Selanjutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud.

Pada tanggal 7 September, kondisi cuaca serupa diperkirakan terjadi di Kota Manado, Bitung, Tomohon, dan Kotamobagu serta Kabupaten Minahasa Utara, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud.

Baca juga: BMKG: Waspadai cuaca ekstrem di wilayah Sulut

Pada tanggal 8 September, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023