Bantuan tersebut sudah kami salurkan sejak Senin (4/9) di seluruh Kantor Pos penyalur bansos Program Keluarga Harapan dan bansos sembako dalam wilayah kerja kami
Banda Aceh (ANTARA) - Kantor Pos Cabang Utama Banda Aceh meminta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam wilayah kerja perusahaan tersebut untuk segera mencairkan bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan dan bansos sembako tahap 3 tahun 2023.

“Bantuan tersebut sudah kami salurkan sejak Senin (4/9) di seluruh Kantor Pos penyalur bansos Program Keluarga Harapan dan bansos sembako dalam wilayah kerja kami,” kata Ketua Satgas Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Sembako Kantor Pos Cabang Utama Banda Aceh Noviandi di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan apabila bantuan tersebut tidak diambil sesuai dengan batas yang telah ditetapkan, maka bansos yang telah dialokasikan akan dikembalikan ke negara.

Karena itu pihaknya juga berkoordinasi dengan perangkat gampong, pendamping PKH, dan petugas dinas sosial lainnya, guna menyampaikan informasi kepada KPM bahwa dana bantuan tersebut sudah tersedia dan dapat segera dicairkan.

Ia mengatakan KPM dapat mencairkan bansos di 19 Kantor Pos dalam wilayah kerja Kantor Pos Cabang Utama Banda Aceh.

Baca juga: Kantor Pos Banda Aceh: Penyaluran bantuan CBP di Aceh capai 98 persen

Kantor Pos Cabang Utama Banda Aceh memiliki wilayah kerja Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, dan sebagian Kabupaten Aceh Jaya, yang menyalurkan bansos kepada 1.288 KPM.

“Artinya KPM dapat mencairkan bantuannya sesuai dengan alamat dan lokasi yang telah ditetapkan. Mereka tinggal membawa KTP dan surat undangan. Apabila mewakili maka yang bersangkutan harus terdaftar dalam Kartu Keluarga (KK) dengan ikut membawa KK dan KTP asli KPM,” katanya.

Ia mengatakan bansos yang dicairkan itu ada tiga program terdiri dari KPM penerima bantuan PKH, KPM yang menerima bantuan PKH dan sembako, serta KPM yang menerima bantuan sembako.

Bantuan tersebut, lanjutnya, akan tuntas dibagikan kepada seluruh KPM pada pertengahan September 2023.

“Kami optimistis bantuan ini akan tuntas dibagikan kepada seluruh penerima manfaat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, sehingga bantuan yang diterima tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh KPM,” katanya.

Baca juga: PT Pos telah salurkan 3,5 juta kilogram beras bantuan pangan di Aceh

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023