Jakarta (ANTARA) - Pembalap World Superbike (WSBK) Michael Ruben Rinaldi resmi akan mengakhiri perjalanannya bersama tim balap Aruba.it Ducati pada akhir musim 2023.

“Ini adalah perjalanan yang luar biasa. Mengingat kembali balapan pertama bersama tim junior, saya masih lebih dari sekadar anak-anak. Saya ingat betul pemikiran di benak saya sejak balapan pertama di tahun 2016, bahwa saya ingin membalap bersama di tim resmi WSBK dan memenangkan gelar juara dunia,” kata Rinaldi, dikutip dari keterangan resmi WSBK, Rabu.

“Setelah bertahun-tahun bersama Ducati, dan tiga tahun terakhir di tim pabrikan, tibalah waktunya untuk menutup babak besar ini dan menuju tantangan baru,” ujarnya menambahkan.

Karier Rinaldi di WSBK dimulai pada tahun 2018 bersama Aruba.it Racing – Junior Team, sebelum ia pindah ke Barni Racing Team pada tahun 2019. Setahun kemudian, ia pindah lagi, kali ini ke Team GoEleven, di mana ia mendapatkan gelar besarnya.

Pada tahun 2020, Rinaldi mencetak tiga podium termasuk kemenangan pertamanya dan pindah ke tim pabrikan untuk tahun 2021. Dia meraih 16 podium bersama tim dan tiga kemenangan, termasuk dua di kandang sendiri di Misano, Italia.

“Saya selalu memberikan segalanya di setiap langkah, berkembang sebagai seorang profesional dan sebagai pribadi. Tim telah mendukung saya dan bertahan untuk saya, dan bersama-sama kami selalu percaya, mendorong saya di setiap balapan dan tidak pernah menyerah dan saya bangga akan hal itu. Semuanya sangat istimewa,” kata Rinaldi.

“Saya bangga telah memenangkan gelar pada tahun 2022 dan, lebih dari segalanya, naik podium teratas, bersama-sama, di depan penonton di rumah saya di Misano. Momen luar biasa yang akan mendorong saya maju di musim 2023 ini dengan ketabahan dan tekad,” imbuhnya.

Rinaldi pun mengucapkan terima kasih kepada tim, penggemar, dan semua orang yang berperan dalam kariernya sebagai pembalap WSBK di tim pabrikan Ducati.

“Balapan untuk Ducati sebagai orang Italia tidak ternilai harganya. Terima kasih kepada para penggemar, Ducatisti, atas kehangatan Anda, dukungan yang Anda tunjukkan. Sampai jumpa di lintasan,” ujar dia.

Masih belum diketahui kemana Rinaldi akan pergi setelah mengakhiri perjalanannya dengan Aruba.It Ducati. Sementara, rekan satu timnya saat ini sekaligus juara bertahan Alvaro Bautista memutuskan untuk memperpanjang kontraknya dengan Ducati, bersama dengan pemimpin klasemen kejuaraan World Supersport (WSSP) saat ini, Nicolo Bulega, yang akan mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Rinaldi.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023