Banda Aceh (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengevakuasi satu individu orangutan sumatera (pongo abelii) yang terjebak di kebun sawit di Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh.

Kepala BKSDA Aceh Gunawan Alza di Banda Aceh, Rabu, mengatakan orangutan tersebut berjenis kelamin betina, berusia kurang lebih tiga tahun. Saat dievakuasi, kondisi saat dilindungi tersebut sehat dan stabil.

"Orangutan tersebut dievakuasi ke pusat karantina dan rehabilitasi di Batu Mbelin, Sibolangit, Sumatera Utara, guna mendapatkan penanganan intensif serta observasi secara menyeluruh," katanya.

Gunawan mengatakan evakuasi melibatkan tim Seksi Konservasi Wilayah II Subulussalam BKSDA Aceh bersama tim mitra. Evakuasi berlangsung di Desa Dano Tras, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh, pada Selasa (5/9).

Baca juga: BKSDA evakuasi orangutan diselamatkan warga

Baca juga: BKSDA: Satu individu orangutan lahir di cagar alam Jantho


Gunawan mengatakan penyelamatan satwa dilindungi tersebut berawal dari laporan warga. Warga menginformasikan ada satu individu orangutan terjebak di kebun sawit.

Berdasarkan informasi tersebut, tim BKSDA bersama mitra melakukan penyelamatan dan membawanya ke Kantor Seksi Konservasi Wilayah II Subulussalam.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat yang melaporkan keberadaan orangutan tersebut, sehingga dilakukan langkah penyelamatan. Kami juga berterima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang mendukung proses evakuasi orangutan tersebut," katanya.

Gunawan mengatakan orangutan sumatra merupakan satwa dilindungi. Oleh karna itu, BKSDA mengimbau masyarakat menjaga kelestarian orangutan dengan tidak merusak hutan yang merupakan habitatnya.

"Kami juga mengingatkan masyarakat tidak menangkap, melukai, membunuh, memelihara, memperjualbelikan orangutan ataupun satwa dilindungi lainnya, baik hidup maupun mati karena dapat dipidana sesuai undang-undang yang berlaku," kata Gunawan Alza.

Baca juga: BKSDA lepasliarkan orangutan ke Cagar Alam Jantho

Baca juga: Ditembak 24 peluru, orangutan Sumatera alami kebutaan


 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023