Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Maria Endang Sumiwi mengemukakan bahwa pemberian makanan tambahan dari bahan pangan lokal dapat membantu mencegah stunting pada anak balita.

"Penting bagi kita untuk mencegah jangan sampai anak jadi stunting, dengan PMT (pemberian makanan tambahan) kita bisa mengintervensi supaya anak tidak jadi stunting," katanya dalam acara Publikasi Data Intervensi Spesifik & Sensitif Bidang Kesehatan untuk Percepatan Penurunan Stunting Triwulan II Tahun 2023 yang diikuti via daring di Jakarta, Rabu.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah menjalankan Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dari bahan pangan lokal dengan sasaran ibu hamil dan anak balita dalam upaya menekan risiko stunting.

Menurut dia, pemerintah telah mengalokasikan dana Rp 1,41 triliun untuk 389 kabupaten dan kota guna  memastikan program pemberian makanan tambahan berbahan lokal dapat dilaksanakan dengan baik.

Program PMT berbahan pangan lokal menyasar ibu hamil yang mengalami kekurangan energi kronis serta anak balita dalam kategori wasting atau kurus dan sangat kurus berdasarkan indeks berat badan menurut tinggi badan.

Maria mengutip data hasil Survei Status Gizi Indonesia Tahun 2022 yang menunjukkan persentase anak dengan gizi kurang dan berat badan di bawah standar (wasting) masih bertahan di angka 7,7 persen.

"PMT lokal penting untuk diaplikasikan, karena kalau kita tidak menurunkan angka anak wasting dan gizi kurang, kemungkinan kita dalam menurunkan stunting sulit terjadi," katanya.

Maria juga menyampaikan pentingnya para orang tua memeriksakan kesehatan anak ke puskesmas secara berkala.

Pemeriksaan kesehatan berkala memudahkan pendeteksian dini gangguan kesehatan pada anak, termasuk di antaranya infeksi saluran pernafasan dan tuberkulosis.

"Dengan adanya infeksi, maka anak memerlukan asupan yang lebih untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu PMT lokal menjadi penting," kata Maria.

Baca juga:
Pemerintah luncurkan Program PMT berbahan lokal untuk cegah stunting
​​​​​​​
Menkes paparkan penerima manfaat PMT untuk atasi stunting
​​​​​​

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023